Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui permainan petak umpet kartu kata pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto / Dita Nur Anggraeni
Main Author: | Anggraeni, Dita Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8557/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKAnggraeniDitaNur.2018.PeningkatanKemampuanKeaksaraanMelaluiPermainanPetakUmpetKartuKatapadaAnakKelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.SkripsiProdiSI-PendidikanGuruPendidikanAnakaUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanSutamaM.Pd(II)EnyNurAisyahS.Pd.IM.Pd.KataKunciAnakKelompokBKemampuanKeaksaraanKualitasPembelajaranPermainanPetakUmpetKartuKataLatarbelakangyangmendasaripelaksanaanpenelitianadalahpermasalahanterkaitkemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertoyangbelumteroptimalkansesuaitahapanusianya.Halinidisebabkankarenametodepembelajaranyangdigunakankurangmenarikuntukanakdanbelumsesuaidenganprinsipbelajaranakyaitubelajarmelaluibermain.PembelajarankeaksaraanyangdilaksanakandisekolahseringmenggunakanLKbukukotakdanmenulisdipapantulissehinggaanakmenjadikurangaktifantusiasdantertarikdalammengenalkeaksaraan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankualitaspembelajaranpadaanakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertoyangkeduaapakahpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)modelKemisdanTaggartberbentukspiraldarisiklussatukesikluslainnya.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.SubjekpenelitianiniadalahanakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertodenganjumlahanak18.Sumberdatadaridataprimeryaituanak.Jenisdatayangdigalidaridatakualitatifdankuantitatif.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakandengananalisisdatakualitatifdankuantitatif.Setelahanakbelajarmelaluipermainanpetakumpetkartukatakualitaspembelajarandankemampuankeaksaraananakmengalamipeningkatan.Anakyangkondisiawalnyakurangmemperhatikanpembelajaranmenjadiantusiasbersemangatdanceriasaatmengikutipembelajaranmenggunakanpermainantersebut.Kemampuankeaksaraananakjugasemakinmeningkatdarikondisiawalanakyangbelumdapatmenyebutkanhurufalfabetdengantepatmengenalbunyihurufawalnamagambardanpenulisannamagambarmengalamiperubahandanpeningkatanmelaluipermainanpetakumpetkartukata.HaliniterlihatdariketercapaiankelasanakdaripratindakansampaisiklusIIyangmengalamipeningkatan.Pratindakan33%siklusI56%dansiklusII89%.BerdasarkankeberhasilanyangdicapaipadapenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankualitaspembelajarandankemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.Melihatkeberhasilaninidisarankankepadalembagadanguruagardapatmenerapkanpermainanpetakumpetkartukatadalammeningkatkankemampuankeaksaraananak.Kepadapenelitiagardilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmengembangkanpermainaninidanmenambahkaninovasiagarkemampuankeaksaraananakdapatmeningkatlebihbaik.