Peningkatan kemampuan keaksaraan melalui permainan petak umpet kartu kata pada anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Segunung Mojokerto / Dita Nur Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Dita Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/8557/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAnggraeniDitaNur.2018.PeningkatanKemampuanKeaksaraanMelaluiPermainanPetakUmpetKartuKatapadaAnakKelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.SkripsiProdiSI-PendidikanGuruPendidikanAnakaUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanSutamaM.Pd(II)EnyNurAisyahS.Pd.IM.Pd.KataKunciAnakKelompokBKemampuanKeaksaraanKualitasPembelajaranPermainanPetakUmpetKartuKataLatarbelakangyangmendasaripelaksanaanpenelitianadalahpermasalahanterkaitkemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertoyangbelumteroptimalkansesuaitahapanusianya.Halinidisebabkankarenametodepembelajaranyangdigunakankurangmenarikuntukanakdanbelumsesuaidenganprinsipbelajaranakyaitubelajarmelaluibermain.PembelajarankeaksaraanyangdilaksanakandisekolahseringmenggunakanLKbukukotakdanmenulisdipapantulissehinggaanakmenjadikurangaktifantusiasdantertarikdalammengenalkeaksaraan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahpenerapanpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankualitaspembelajaranpadaanakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertoyangkeduaapakahpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)modelKemisdanTaggartberbentukspiraldarisiklussatukesikluslainnya.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilaksanakandiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.SubjekpenelitianiniadalahanakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokertodenganjumlahanak18.Sumberdatadaridataprimeryaituanak.Jenisdatayangdigalidaridatakualitatifdankuantitatif.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakandengananalisisdatakualitatifdankuantitatif.Setelahanakbelajarmelaluipermainanpetakumpetkartukatakualitaspembelajarandankemampuankeaksaraananakmengalamipeningkatan.Anakyangkondisiawalnyakurangmemperhatikanpembelajaranmenjadiantusiasbersemangatdanceriasaatmengikutipembelajaranmenggunakanpermainantersebut.Kemampuankeaksaraananakjugasemakinmeningkatdarikondisiawalanakyangbelumdapatmenyebutkanhurufalfabetdengantepatmengenalbunyihurufawalnamagambardanpenulisannamagambarmengalamiperubahandanpeningkatanmelaluipermainanpetakumpetkartukata.HaliniterlihatdariketercapaiankelasanakdaripratindakansampaisiklusIIyangmengalamipeningkatan.Pratindakan33%siklusI56%dansiklusII89%.BerdasarkankeberhasilanyangdicapaipadapenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainanpetakumpetkartukatadapatmeningkatkankualitaspembelajarandankemampuankeaksaraananakkelompokBdiTKDharmaWanitaSegunungMojokerto.Melihatkeberhasilaninidisarankankepadalembagadanguruagardapatmenerapkanpermainanpetakumpetkartukatadalammeningkatkankemampuankeaksaraananak.Kepadapenelitiagardilakukanpenelitianlebihlanjutdenganmengembangkanpermainaninidanmenambahkaninovasiagarkemampuankeaksaraananakdapatmeningkatlebihbaik.