Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika karena pengaruh model RICOSRE berbantuan audio visual dibandingkan model challenge based learning berbantuan audio visual pada siswa kelas X TEI di SMKN 1 Kepanjen / Febriana Charisma Putri
Main Author: | Putri, Febriana Charisma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/85429/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriFebrianaCharisma.2019.PerbedaanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifDasarListrikdanElektronikaKarenaPengaruhModelRICOSREBerbantuanAudioVisualDibandingkanModelChallengeBasedLearningBerbantuanAudioVisualPadaSiswaKelasXTEIdiSMKN1Kepanjen.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Eng.AnikNurHandayaniS.T.M.T.(2)Drs.HariPutrantoM.Pd..KatakunciKemampuanBerpikirKritisHasilBelajarKognitifModelPembelajaranRICOSREModelPembelajaranChalengeBasedLearningaudiovisualSuatupembelajaranakanberjalanbaikapabilamodelpembelajaranyangdigunakansesuaidengankarakteristimateriyangdiajarkansehinggamempermudahsiswauntukmengertidanpahammateriyangdiajarkanolehguru.PadaprosespembelajarandiSMKN1Kepanjenkhususnyapadamatapelajarandasarlistrikdanelektronikamasihmenggunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadaguru.Prosespembelajarankurangmemfasilitasisiswadalambepikirkritissehinggamenyebabkanhasilbelajarkognitifbeberapasiswayangmasihrendah.PenelitianinidiharapkandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifmatapelajaranDasarListrikdanElektronikakarenapengaruhpenerapanmodelRICOSREberbantuanaudiovisual.Datapenelitiandiperolehdarihasilposttest.RancanganpenelitianpadapenelitianinimenggunakanduakelaseksperimenyaitukelaseksperimenAyangdiberiperlakuanmodelRICOSREberbantuanaudiovisualdankelaseksperimenByangdiberiperlakuanmodelChallengeBasedLearningberbantuanaudiovisual.Teknikpengambilansampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaituteknikpurposivesamplingmengacupadabeberapaaspekyangadapadasubjekpenelitianyangdigunakan.SubjekpenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahsiswakelasXprogramkeahlianTeknikElektronikaIndustri(TEI)diSMKN1Kepanjen.SubjekpenelitiandarikelasAberjumlah35siswapadakelasXTEI1denganpemberianperlakuanmodelpembelajaranRICOSRE.SubjekpenelitiankelasBberjumlah34siswapadakelasXTEI4denganpemberianperlakuanmodelpembelajaranChallengeBasedLearning.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatayangdiperolehdapatdisimpulkanbahwa(1)nilairata-ratakemampuanberpikirkritiskelasAberadapadakategoritinggidenganpresentasesiswayangmemillikikemampuanberpikirkritistinggisebesar74%dansiswayangmemilikikemampuanberpikirkritisrenahsebesar26%(2)nilairata-ratakemampuanberpikirkritiskelasBberadapadakategoritinggidenganpresentasesiswayangmemillikikemampuanberpikirkritistinggisebesar54%dansiswayangmemilikikemampuanberpikirkritisrenahsebesar46%(3)nilairata-ratahasilbelajarkognitifkelasBberadapadakategorisangattinggisetelahmendapatkanperlakuanmodelRICOSREberbantuanaudiovisualdengannilairata-rata8677danseluruhsiswamencapaiketuntasan(4)nilairata-ratahasilbelajarkognitifkelasBberadapadakategorisangattinggisetelahmendapatkanperlakuanmodelChallengeBasedLearningberbantuanaudiovisualdengannilairata-rata8326danseluruhsiswamencapaiketuntasan(5)terdapatperbedaanyangsignifikanpadakemampuanberpikirkritisAkarenaperlakuanmodelRICOSREdibandingkankelasBkarenaperlakuanmodelChallengeBasedLearning(6)terdapatperbedaanyangsignifikanpadahasilbelajarkognitifAkarenaperlakuanmodelRICOSREdibandingkankelasBkarenaperlakuanmodelChallengeBasedLearning.