Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dasar listrik dan elektronika karena pengaruh model RICOSRE berbantuan audio visual dibandingkan model challenge based learning berbantuan audio visual pada siswa kelas X TEI di SMKN 1 Kepanjen / Febriana Charisma Putri

Main Author: Putri, Febriana Charisma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/85429/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriFebrianaCharisma.2019.PerbedaanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifDasarListrikdanElektronikaKarenaPengaruhModelRICOSREBerbantuanAudioVisualDibandingkanModelChallengeBasedLearningBerbantuanAudioVisualPadaSiswaKelasXTEIdiSMKN1Kepanjen.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikElektroJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Eng.AnikNurHandayaniS.T.M.T.(2)Drs.HariPutrantoM.Pd..KatakunciKemampuanBerpikirKritisHasilBelajarKognitifModelPembelajaranRICOSREModelPembelajaranChalengeBasedLearningaudiovisualSuatupembelajaranakanberjalanbaikapabilamodelpembelajaranyangdigunakansesuaidengankarakteristimateriyangdiajarkansehinggamempermudahsiswauntukmengertidanpahammateriyangdiajarkanolehguru.PadaprosespembelajarandiSMKN1Kepanjenkhususnyapadamatapelajarandasarlistrikdanelektronikamasihmenggunakanmodelpembelajaranyangberpusatpadaguru.Prosespembelajarankurangmemfasilitasisiswadalambepikirkritissehinggamenyebabkanhasilbelajarkognitifbeberapasiswayangmasihrendah.PenelitianinidiharapkandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifmatapelajaranDasarListrikdanElektronikakarenapengaruhpenerapanmodelRICOSREberbantuanaudiovisual.Datapenelitiandiperolehdarihasilposttest.RancanganpenelitianpadapenelitianinimenggunakanduakelaseksperimenyaitukelaseksperimenAyangdiberiperlakuanmodelRICOSREberbantuanaudiovisualdankelaseksperimenByangdiberiperlakuanmodelChallengeBasedLearningberbantuanaudiovisual.Teknikpengambilansampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaituteknikpurposivesamplingmengacupadabeberapaaspekyangadapadasubjekpenelitianyangdigunakan.SubjekpenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahsiswakelasXprogramkeahlianTeknikElektronikaIndustri(TEI)diSMKN1Kepanjen.SubjekpenelitiandarikelasAberjumlah35siswapadakelasXTEI1denganpemberianperlakuanmodelpembelajaranRICOSRE.SubjekpenelitiankelasBberjumlah34siswapadakelasXTEI4denganpemberianperlakuanmodelpembelajaranChallengeBasedLearning.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatayangdiperolehdapatdisimpulkanbahwa(1)nilairata-ratakemampuanberpikirkritiskelasAberadapadakategoritinggidenganpresentasesiswayangmemillikikemampuanberpikirkritistinggisebesar74%dansiswayangmemilikikemampuanberpikirkritisrenahsebesar26%(2)nilairata-ratakemampuanberpikirkritiskelasBberadapadakategoritinggidenganpresentasesiswayangmemillikikemampuanberpikirkritistinggisebesar54%dansiswayangmemilikikemampuanberpikirkritisrenahsebesar46%(3)nilairata-ratahasilbelajarkognitifkelasBberadapadakategorisangattinggisetelahmendapatkanperlakuanmodelRICOSREberbantuanaudiovisualdengannilairata-rata8677danseluruhsiswamencapaiketuntasan(4)nilairata-ratahasilbelajarkognitifkelasBberadapadakategorisangattinggisetelahmendapatkanperlakuanmodelChallengeBasedLearningberbantuanaudiovisualdengannilairata-rata8326danseluruhsiswamencapaiketuntasan(5)terdapatperbedaanyangsignifikanpadakemampuanberpikirkritisAkarenaperlakuanmodelRICOSREdibandingkankelasBkarenaperlakuanmodelChallengeBasedLearning(6)terdapatperbedaanyangsignifikanpadahasilbelajarkognitifAkarenaperlakuanmodelRICOSREdibandingkankelasBkarenaperlakuanmodelChallengeBasedLearning.