Pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada mata pelajaran merakit peralatan dan perangkat elektronik sistem pengendali elektronika untuk siswa SMK / Bagus Setiawan

Main Author: Setiawan, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/85404/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetiawanBagus.2019.PengembanganBahanAjarBerbasisProyekPadaMataPelajaranMerakitPeralatanDanPerangkatElektronikSistemPengendaliElektronikaUntukSiswaSMK.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.HakkunElmunsyahS.T.M.T.(II)Dr.YuniRahmawatiS.T.M.T.KataKunciBukuAjarPengembanganProjectBasedLearning(PjBL)Kurikulum2013.SekolahMenengahKejuruan(SMK)merupakansekolahyangdirancanguntukmembentuklulusanyangberkualitasdansiapkerjayangsiapditerjunkanlangsungkeduniakerjagunamemenuhidanmenjawabtuntutanzaman.DengandemikiandiharapkansiswaSMKharusmenguasaibidangilmuyangdiambilsecarakognitifafektifdanpsikomotorik.BerdasarkandarihasilwawancaradengangurudiSMKN1BlitardiketahuibahwabelumtersedianyabahanajaruntukmatapelajaranMerakitPeralatanDanPerangkatElektronikSistemPengendaliElektronikayangsesuaidengansilabusKurikulum2013.Bahanajaryangdibutuhkanadalahbahanajarmampumenuntutsiswaaktifdalamproseskegiatanpembelajaran.SelainituagarsesuaiKurikulum2013harusdigunakanmodelpembelajaranyangmenggunakanpendekatansaintifik.Salahsatumodelpembelajaranyangsesuaidenganpendekatansaintifikyaitupembelajaranberbasisproyek(projectbasedlearning).ModelpengembanganyangdipilihdalammembuatbahanajariniadalahADDIEmodelADDIEiniterdiridari5komponenyangsalingberkaitandanterstrukturdandalampengaplikasiannyaharusdilakukansecarasistematiktidakbisadiurutkansecaraacak.KelimalangkahdarimodelpengembanganADDIEinisudahsangatsederhanajikadibandingkandenganmodeldesainlainnya.ModelpengembanganADDIEterdiridari1)Analysis2)Design3)Development4)Implementation5)Evaluation.ProdukyangdihasilkantelahdivalidasiolehduaorangahlisertatelahdiujicobakankepadasiswakelasXIdiSMKNegeri1Blitar.Kelayakanbahanajardiketahuiberdasarkanhasilangket.Pengujianprodukolehreviewer1danreviewer2dilakukanuntukmenilaiseberapavalidproduk.Hasilangketdarireviewerahli1mendapatkanskor9407%(sangatvalid)darireviewerahli2mendapatkanskor9449%(sangatvalid)ujicobaperoranganmendapatkanskor8592%(sangatvalid)hasilangketsiswapadaujicobakelompokkecilmendapatkanskor9062%(sangatvalid)danhasilangketsiswapadaujicobalapanganmendapatkanskor8885%(sangatvalid).Berdasarkanhasilanalisisskoryangdiperolehtersebutmakabahanajardapatdinyatakansangatvalidlayakdandapatdigunakandalampembelajarandisekolah.