Perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik karena pengaruh penerapan model learning cycle 5E berbantuan video tutorial dibandingkan learning cycle 5E berbantuan simulasi pada siswa kelas X Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Indah Churiyah
Main Author: | Churiyah, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/85384/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKChuriyahI.2018.PerbedaanHasilBelajarDasardanPengukuranListrikkarenaPengaruhPenerapanModelPembelajaranLearningCycle5EBerbantuanVideoTutorialDibandingkanLearningCycle5EBerbantuanSimulasipadaSiswaKelasXTeknikPembangkitTenagaListrikSMKPGRI3Malang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.pembimbing(II)Drs.SlametWibawantoM.T.KataKunciLearningcycle5evideotutorialsimulasiHasilBelajarDasardanPengukuranListrikPerkembanganIPTEKsaatinitelahberkembangbegitupesatsalahsatunyadalambidangpendidikan.Perkembangantersebutmempengaruhikemajuanteknologipendidikanyangditandaidenganperkembanganmediapembelajaranyangdigunakanolehgurudalamkegiatanpembelajarandikelas.Penggunaanmediasangatpentingdilakukanuntukmemvisualisasikancarakerjaadanprosesdarisebuahalatukursalahsatunyaadalahpengukuranteganganaruslistrikbolak-balikmenggunakanosiloscop.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarDasardanPengukuranListrikaspekpengetahuandanketerampilankarenapengaruhpenerapanmodelLearningCycle5eberbantuanvideotutorialdibandingkanLearningCycle5eberbantuansimulasi.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifmenggunakanrancanganquasieksperimental(eksperimensemu)denganjenisnon-equivalentgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXPBDsebagaikelaskontrolyangmenerapkanmodelpembelajaranlearningcycle5eberbantuanvideotutorialdansiswakelasXPBBsebagaikelaseksperimendenganmenerapkanmodelpembelajaranlearningcycle5eberbantuanSimulasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaTerdapatperbedaanhasilbelajarDasardanPengukuranListrikaspekpengetahuankarenapengaruhpenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5eberbantuanvideotutorialpadakelaskontroldibandingkanLearningCycle5eberbantuansimulasipadakelaseksperimen.Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimen2yaitusebesar84.8lebihtinggidibandingkanhasilbelajarsiswapadakelaseksperimen1yaitusebesar79.09.3)Terdapatperbedaanhasilbelajaraspekketerampilankelaseksperimen2memilikirata-ratanilaiketerampilansebesar87.48lebihtinggidibandingkanrata-ratanilaiketerampilansiswakelasekperimen1yaknisebesar82.02.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatayangdiperolehdapatdisimpulkanbahwa(1)hasilbelajaraspekpengetahuanpadakelaseksperimen2lebihtinggidaripadahasilbelajarkelaseksperimen1(2)hasilbelajaraspekketerampilanpadakelasekperimen2lebihtinggidaripadakelaseksperimen1(3)terdapatperbedaansignifikanpadahasilbelajaraspekpengetahuankelasekperimen2karenaperlakuanmodelLearningCycle5eberbantuanvideotutorialdibandingkankelaseksperimen1karenaperlakuanLearningCycle5eberbantuansimulasidan(4)terdapatperbedaanyangsignifikanhasilbelajaraspekketerampilanpadakelaseksperimen2karenaperlakuanmodelLearningCycle5eberbantuanvideotutorialdibandingkankelaseksperimen1karenaperlakuanLearningCycle5eberbantuansimulasi.