Interaksi keaktifan belajar dengan penerapan model pembelajaran creative problem solving dan problem solving berbantuan simulasi terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X Teknik Pembangkit Tenaga Listrik di SMK PGRI 3 Malang / Hafizhah Nashiroh

Main Author: Nashiroh, Hafizhah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/85383/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKNashirohHafizhah.2019.InteraksiKeaktifanBelajardenganPenerapanModelPembelajaranCreativeProblemSolvingdanProblemSolvingBerbantuanSimulasiTerhadapHasilBelajarDasardanPengukuranListrikpadaKelasXTeknikPembangkitTenagaListrikdiSMKPGRI3Malang.SkripsiProgamStudiTeknikElektroJurusanTeknikElekroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.(2)Drs.SlametWibawantoM.T.KatakuncihasilbelajarDasardanPengukuranListrikkeaktifanbelajarsiswamodelpembelajaranCreativeProblemSolvingmodelpembelajaranProblemSolvingsimulasiAktivitassiswadalambelajardikelasdapatmempengaruhihasilbelajar.Setiapsiswamemilikitingkatkeaktifanbelajaryangberbeda.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)deskripsihasilbelajarDasardanPengukuranListrikyangdipengaruhiolehinteraksikeaktifandanpenerapanmodelpembelajaran(2)mengujisignifikansiinteraksikeaktifansiswadanmodelpembelajaranterhadaphasilbelajar(3)mengujisignifikansiantarkelaskeaktifansiswadanpenerapanvariasimodelpembelajaranterhadaphasilbelajardan(4)mengetahuiperbedaanhasilbelajaryangpalingsignifikanantarpasangankelas.Desainpenelitianyangdigunakanadalahtrueexperimentaldenganrancanganfactorial2x2.SubjekyangdigunakandalampenelitianiniadalahduakelasdarisiswakelasXprogramkeahlianTeknikPembangkitTenagaListrikdiSMKPGRI3Malang.Keduakelastersebutakandikelompokkanmenjadi4kelompokberdasarkantingkatkeaktifanbelajardenganpenerapanmodelpembelajaranberbantuansimulasi.Pengelompokandilakukansecaraacakberdasarkantingkatkeaktifanbelajardengancaraobservasipadasaatkegiatanpembelajaranberlangsungdenganindikator-indikatoryangsudahditentukan.UjihipotesisyangdigunakanadalahujiANOVAduajaluruntukmengetahuiadanyainteraksidanperbedaanhasilbelajarDasardanPengukuranListrikberdasarkantingkatkeaktifanbelajardenganpenerapanvariasimodelpembelajaranberbantuansimulasi.UjihipotesisselanjutnyaadalahujiPost-HocComparasiondigunakanuntukmengetahuikelompokhasilbelajaryangpalingberbeda.Hasilpenelitianiniyaitu(1)rata-ratahasilbelajarpengetahuanPS1sebesar866PS2sebesar8473CPS1sebesar8606CPS2sebesar7581danrata-ratahasilbelajarketerampilanPS1sebesar9246PS2sebesar9106CPS1sebesar9146CPS2sebesar8256(2)terdapatinteraksikeaktifanbelajardanmodelpembelajaranberbantuansimulasiterhadaphasilbelajar(3)terdapatperbedaanyangsignifikanantarkelaskeaktifandanpenerapanvariasimodelpembelajaranberbantuansimulasiterhadaphasilbelajardan(4)perbedaanpalingsignifikanhasilbelajarpengetahuanterdapatpadakelompokPS1denganCPS2sedangkanuntukhasilbelajarketerampilanpadakelompokPS1denganCPS2PS2denganCPS2danCPS1denganCPS2.Kesimpulandaripenelitianiniyaitu(1)rata-ratahasilbelajarpengetahuanPS1masukdalamkategoritinggiPS2masukdalamkategoritinggiCPS1masukdalamkategoritinggiCPS2masukdalamkategorirendahdanrata-ratahasilbelajarketerampilanPS1masukdalamkategorisangattinggiPS2masukdalamkategoritinggiCPS1masukdalamkategoritinggiCPS2masukdalamkategorisangatrendah(2)terdapatinteraksikeaktifanbelajardanmodelpembelajaranberbantuansimulasiterhadaphasilbelajar(3)terdapatperbedaanyangsignifikanantarkelaskeaktifandanpenerapanvariasimodelpembelajaranberbantuansimulasiterhadaphasilbelajardan(4)perbedaanpalingsignifikanhasilbelajarpengetahuanterdapatpadakelompokPS1denganCPS2sedangkanuntukhasilbelajarketerampilanpadakelompokPS1denganCPS2PS2denganCPS2danCPS1denganCPS2.