Hubungan antara pengalaman bermakna dalam Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan persepsi terhadap karir keguruan dengan kepercayaan diri menjadi guru kejuruan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Muhammad Jafar Bahesty

Main Author: Bahesty, Muhammad Jafar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/85377/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKBahestyMuhammadJafar.2019.HubunganantaraPengalamanBermaknadalamKajianPraktikLapangan(KPL)danPresepsiterhadapKarirKeguruandenganKepercayaanDirimenjadiGuruKejuruanbagiMahasiswaPTE2015UniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.KataKunciPengalamanBermaknaKPLPersepsiKarirKeguruandanKepercayaanDirimenjadiGuruKejuruan.ProgramStudiS1PendidikanTeknikElektro(PTE)mempunyaisatukompetensilulusanyangdihasilkanyaitukompetensikeguruanyangmemprioritaskanuntukmencetaktenagapendidik.NamunpadakenyataanyamasihadabeberapamahasiswaPTEbelummemilikikepercayaandirimenjadigurukejuruan.BeberapafaktoryangmempengaruhikepercayaandirimenjadigurukejuruandiantaranyayaitupengalamanbermaknadalamKajianPraktikLapangan(KPL)danpersepsiterhadapkarirkegururan.Berkaitandenganhaltersebutmakadilakukanpenelitianyangbertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpengalamanbermaknadalamKPL(X1)(2)mendeskripsikanpersepsiterhadapkarirkeguruan(X2)(3)mendeskripsikankepercayaandirimenjadigurukejuruan(Y)(4)mengungkaphubungansignifikansiantaraX1danY(5)mengungkaphubungansignifikansiantaraX2danY(6)mengungkapsignifikansihubungansecarasimultanantaraX1danX2denganYpadaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015UniversitasNegeriMalang.Penelitianinimerupakanjenispenelitianexposefactodenganrancangandeskriptifkorelasional.SampelpenelitianiniadalahmahasiswaS1PTEangkatan2015sejumlah68responden.Penelitianiniterdiridariduavariabelbebasyaitu(X1)dan(X2)sertasatuvariabelterikatyaitu(Y).Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketataukuisioner.Teknikanalisisdatamenggunakankorelasiparsialdanregresiganda.Hasilujireliabilitasinstrumen(X1)(X2)dan(Y)dalamkategoritinggi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)tingkatpengalamanbermaknadalamKajianPraktikLapangan(KPL)mahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015dalamkategorisangattinggi(2)tingkatpersepsiterhadapkarirkeguruanmahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015dalamkategorisangattinggi(3)tingkatkepercayaandirimenjadigurukejuruanmahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015dalamkategorirendah(4)tidakterdapathubunganyangsignifikanantarapengalamanbermaknadalamKajianPraktikLapangan(KPL)dankepercayaandirimenjadigurukejuruanmahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015(5)terdapathubunganyangsignifikanantarapersepsiterhadapkarirkeguruandankepercayaandirimenjadigurukejuruanmahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015(6)terdapathubunganyangsignifikansecarasimultanantarapengalamanbermaknadalamKajianPraktikLapangan(KPL)danpersepsiterhadapkarirkeguruandengankepercayaandirimenjadigurukejuruanbagimahasiswaProgramStudiPendidikanTeknikElektroangkatan2015.