Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan melalui media kartu angka pada kelompok A TK Al Islamiyah Pasuruan / Rizqi Mubarokah

Main Author: Mubarokah, Rizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/8510/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMubarokahRizqi.2017.UpayaMeningkatkanKemampuanKognitifAnakdalamMengenalKonsepLambangBilanganMelaluiMediaKartuAngkapadaKelompokATKAl-IslamiyahPasuruan.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn(II)EnyNurAisyahS.Pdi.M.PdKataKunciKemampuanKognitifKonsepLambangBilanganMediaKartuAngkaLatarbelakangyangmendasaripenelitianinidilakukankarenakemampuanpemahamankonseplambangbilangananakbelumberkembangdenganoptimal.Hasilobservasiditemukan9dari42anakbelummengertitentangkonseplambangbilangandanurutanbilangan16dari42anakmengertitentangurutanlambangbilangantetapibelummengertitentangkonseplambangbilanganserta17dari42anaksudahmengertiurutandankonseplambangbilangan.TujuandarirancanganpenggunaanmediakartuangkaadalahuntukmeningkatkankemampuankognitifanakdalammengenalkonseplambangbilangankelompokATKAl-IslamiyahPasuruan.Rancangantersebutberupakegiatanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikanakhaltersebutperlumenggunakanmediayanginovatifuntukmencapaiperkembangankemampuankognitifanakdalammengenalkonseplambangbilangan.Modelpenelitianmenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakankolaborasidenganguruyangterdiridari2sikus4tahapanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Pengumpulandatayangdigunakanterdiridarilembarobservasidandokumentasisertainstrumenketercapaiananak.Subjekpenelitianadalahanak-anakkelompokATKAl-IslamiyahPasuruandenganjumlah42anakyangterdiridari20anaklaki-lakidan22anakperempuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemanfaatanmediakartuangkadapatmeningkataspekyangdicapaiyaitu(a)menghubungkangambardenganlambangbilangan(b)mengurutkanlambangbilangan(c)menulisangkadipapantulis.Haliniterbuktipadahasilpersentaseketercapaiananakselamapratindakansebesar41%kemudianmeningkatpadasiklusImenjadisebesaar53%sampaisiklusIIketercapaiananakmelebihiindikatoryangdiharapkanyaitumenjadisebesar81%.BerdasarkantemuanpenelitidapatdisimpulkanbahwapemanfaatanmediakartuangkadapatmeningkatkankemampuankognitifanakpadakelompokATKAl-IslamiyahPasuruan.Olehkarenaitupenerapanmediakartuangkadalammengenalkonseplambangbilanganmelaluimediakartuangkasangatdisarankandikarenakanmediatersebutsangatmenarikdanmenyenangkanbagianak.ABSTRACTMubarokahRizqi.2017.EffortstoImprovetheCognitiveAbilityofChildreninUnderstandingtheConceptofNumbersThroughNumbersCardMediainGroupATKAl-IslamiyahPasuruan.Thesis-S1EarlyChildhoodEducationDepartmentofEducationUniversitasNegeriMalang.Supervisor(I)Drs.UsepKustiawanM.Sn(II)EnyNurAisyahS.Pdi.M.PdKeywordsCognitiveAbilityNumbersymbolconceptnumbercardmediaCognitiveabilityinrecognizingtheconceptofthenumbersymbolinthechildrenofgroupATKAl-IslamiyahPasuruanbasedontheresultsofobservation9of42childrendonotunderstandtheconceptofsymbolnumberandsequenceofnumbers16of42childrenunderstandaboutthesequenceofnumbersbutnotunderstandtheconceptofthesymbolofnumbersand17ofthe42childrenalreadyunderstandthesequenceandtheconceptofthenumbersymbol.BasedontheresultsoftheobservationitisnecessarytodesignedlearningtoimprovethecognitiveabilitiesofchildreninrecognizingtheconceptofgroupnumberATKAl-IslamiyahPasuruan.Thedesignisintheformoflearningactivitiesinaccordancewiththecharacteristicsofchildrenitisnecessarytouseinnovativemediatoachievethedevelopmentofcognitiveabilitiesofchildreninrecognizingtheconceptofsymbolnumber.ThatisrealizedwiththemediaCardNumbers.Thisstudyusedclassroomactionresearchdesignincollaborationwithteachersconsistof2cyclesin4stagesnamely(1)planning(2)implementation(3)observation(4)reflection.Datacollectionusedconsistedofobservationsheetanddocumentationalsoaninstrumentofchildsachievement.ResearchsubjectswerechildrenofgroupATKAl-IslamiyahPasuruanwith42childrenconsistingof20boysand22girls.Theresultoftheresearchshowsthatthelearningactivityusingthenumbercardmediacanbeincreasedtheaspectsachievedare(a)connectingtheimagewiththenumbersymbol(b)sortingthenumbersymbols(c)writingnumbersontheboard.Thisisattributabletothepercentageachievementofchildrenduringpre-actionby41%thenincreasedincycleIto53%untilthesecondcycleofchildsachievementexceedstheexpectedindicatorthatis81%.BasedonthefindingsoftheresearcheritcanbeconcludedthattheuseofnumericalcardmediacanimprovethecognitiveabilityofchildreningroupATKAl-IslamiyahPasuruan.Thereforetheapplicationofthenumbercardmediainrecognizingtheconceptofnumbersymbolsthroughthemediaofcardnumbersishighlyrecommendedbecausethemediaisveryinterestingandfunforchildren.