Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi mobile pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan bermuatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam Batu / Lu'luul Maknun

Main Author: Maknun, Lu'luul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/84947/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaknunLuluul.2019.PengembanganBahanAjarBerbasisAplikasiMobilePadaMataPelajaranTeknologiLayananJaringanBermuatanProblemBasedLearningUntukMeningkatkanMinatBelajarPesertaDidikKelasXIJurusanTeknikKomputerdanjaringandiSMKIslamBatu.SkripsiJurursanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasnegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.SyaadPatmantharaS.Pd.M.Pd.(II)HaritsArRosyidS.T.M.T.Ph.D.KatakunciBahanAjarTeknologiLayananJaringanProblemBasedLearningPerkembanganyangterjadipadaeradigitalsaatinimemberikaninovasidalambanyakaspekkehidupansalahsatunyadalambidangpendidikan.Penggunaanteknologiinformasidankomunikasidalambidangpendidikanyangberkembangsaatiniadalahpenggunaansmartphonedalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukankepadapesertadidikkelasXITKJSMKIslamBatudiketahuibahwapenggunaanfasilitaspembelajaranberupalaptopmasihtergolongsedikityaknisebesar30%.Selainitumediapembelajaranyangdigunakanhanyaterbataspadapenggunaanpowerpointsehinggapesertadidikkurangberminatdalammengikutiprosespembelajaran.Disisilainmodelpembelajaranyangkurangsesuaidengankarakteristikpesertadidikjugamempengaruhidalamprosespembelajaran.BerdasarkanhaltersebutbahanajarberbasisaplikasimobiledapatdigunakansebagaisalahsatualternatifbahanajarmatapelajaranTeknologiLayananJaringan.Selainitumodelpembelajaranjugaharusdisesuaikandengankarakteristikpesertadidik.BerdasarkankajianyangtelahdijabarkandiatasbahanajaryangdikembangkanmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmenjadibahanajaralternatifdalamprosespembelajaranTeknologiLayananJaringansertauntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidik.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmerancangmengembangkanmengujikelayakandanmengimplementasikanbahanajarTLJsebagaibahanajarberbasisaplikasimobilepadamatapelajaranTeknologiLayananJaringanuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidik.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanyaknimodelpengembanganADDIEyangterdiridarilimatahapanmeliputi(1)Analysis(2)Design(3)Development(4)Implementation(5)Evaluation.UjikelayakandanimplementasipenelitiandanpengembangandilakukanolehpesertadidikjurusanTeknikKomputerdanJaringanyangsedangdansudahmenempuhmatapelajaranTeknologiLayananJaringan.Hasilujivalidasiyangtelahdilakukanolehahlidiperolehpresentasesebesar9375%untukvalidasimateridanpresentasesebesar89%dariahlimedia.BerdasarkandatahasiltersebutmakabahanajarTLJdinyatakansangatvaliddandapatdilakukanujicoba.Padatahapujicobadiperolehpresentaserespondenuntukperseorangansebesar8625%ujicobakelompokkecilsebesar8750%danujicobakelompokbesaryangdilakukanoleh30orangpesertadidiksebesar9044%.BerdasarkankriteriavaliditasmakabahanajarTLJberbasisaplikasimobilebermuatanproblembasedlearningtermasukdalamkategorisangatvaliddansangatlayakdigunakandalamprosespembelajaran.Dalamimplementasinyapesertadidiklebihaktifdalamprosespembelajaran.