Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi mobile pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan bermuatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam Batu / Lu'luul Maknun
Main Author: | Maknun, Lu'luul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/84947/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaknunLuluul.2019.PengembanganBahanAjarBerbasisAplikasiMobilePadaMataPelajaranTeknologiLayananJaringanBermuatanProblemBasedLearningUntukMeningkatkanMinatBelajarPesertaDidikKelasXIJurusanTeknikKomputerdanjaringandiSMKIslamBatu.SkripsiJurursanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasnegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Ir.SyaadPatmantharaS.Pd.M.Pd.(II)HaritsArRosyidS.T.M.T.Ph.D.KatakunciBahanAjarTeknologiLayananJaringanProblemBasedLearningPerkembanganyangterjadipadaeradigitalsaatinimemberikaninovasidalambanyakaspekkehidupansalahsatunyadalambidangpendidikan.Penggunaanteknologiinformasidankomunikasidalambidangpendidikanyangberkembangsaatiniadalahpenggunaansmartphonedalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukankepadapesertadidikkelasXITKJSMKIslamBatudiketahuibahwapenggunaanfasilitaspembelajaranberupalaptopmasihtergolongsedikityaknisebesar30%.Selainitumediapembelajaranyangdigunakanhanyaterbataspadapenggunaanpowerpointsehinggapesertadidikkurangberminatdalammengikutiprosespembelajaran.Disisilainmodelpembelajaranyangkurangsesuaidengankarakteristikpesertadidikjugamempengaruhidalamprosespembelajaran.BerdasarkanhaltersebutbahanajarberbasisaplikasimobiledapatdigunakansebagaisalahsatualternatifbahanajarmatapelajaranTeknologiLayananJaringan.Selainitumodelpembelajaranjugaharusdisesuaikandengankarakteristikpesertadidik.BerdasarkankajianyangtelahdijabarkandiatasbahanajaryangdikembangkanmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmenjadibahanajaralternatifdalamprosespembelajaranTeknologiLayananJaringansertauntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidik.TujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmerancangmengembangkanmengujikelayakandanmengimplementasikanbahanajarTLJsebagaibahanajarberbasisaplikasimobilepadamatapelajaranTeknologiLayananJaringanuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidik.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanyaknimodelpengembanganADDIEyangterdiridarilimatahapanmeliputi(1)Analysis(2)Design(3)Development(4)Implementation(5)Evaluation.UjikelayakandanimplementasipenelitiandanpengembangandilakukanolehpesertadidikjurusanTeknikKomputerdanJaringanyangsedangdansudahmenempuhmatapelajaranTeknologiLayananJaringan.Hasilujivalidasiyangtelahdilakukanolehahlidiperolehpresentasesebesar9375%untukvalidasimateridanpresentasesebesar89%dariahlimedia.BerdasarkandatahasiltersebutmakabahanajarTLJdinyatakansangatvaliddandapatdilakukanujicoba.Padatahapujicobadiperolehpresentaserespondenuntukperseorangansebesar8625%ujicobakelompokkecilsebesar8750%danujicobakelompokbesaryangdilakukanoleh30orangpesertadidiksebesar9044%.BerdasarkankriteriavaliditasmakabahanajarTLJberbasisaplikasimobilebermuatanproblembasedlearningtermasukdalamkategorisangatvaliddansangatlayakdigunakandalamprosespembelajaran.Dalamimplementasinyapesertadidiklebihaktifdalamprosespembelajaran.