Pengembangan modul cetak dengan mengintegrasikan metode drill and practice untuk suplemen materi sistem komputer pada siswa kelas X Program Keahlian RPL SMK Turen / Adysta Abitama Ardent
Main Author: | Ardent, Adysta Abitama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/84925/ |
Daftar Isi:
- viABSTRAKArdent.AdystaAbitama.2019.PengembanganModulCetakDenganMengintegrasikanMetodeDrillandPracticeUntukSuplemenPembelajaranMateriSistemKomputerPadaSiswaKelasXProgramKeahlianRPLSMKTuren.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.(II)Dr.Ir.H.SyaadPatmantaraM.Pd.KatakunciModulcetakSistemKomputerDrillandPracticeSMK.SaatinipadaprogramkeahlianRPLdiSMKadabeberapamatapelajaranproduktifsalahsatunyaadalahSistemKomputer(SK).SKmerupakanmatapelajaranyangmengenalkansiswamulaidaripengenalanlogikadalamsuatukomputersertaarsitekturdancarakerjakomputer.MatapelajaraniniadalahsalahsatumatapelajaranproduktifdasaryangharusdikuasisiswaSMKjurusanRPLkelasXsebelummelanjutkankematapelajaranproduktifyangmanatingkatkesulitannyalebihtinggi.NamunhasilwawancaradengansiswaXRPLSMKTurenmengatakanbahwamerekakesulitandalammengingatmateriSistemKomputerdibandingkandenganmatapelajaranproduktiflainnyakarenakurangnyabahanuntukbelajarbaikmandiriatauberkelompok.Karenakesulitandalamprosesbelajarmakahaltersebutakansecaralangsungberpengaruhkepadanilaihasilbelajarsiswa.HalinitelahdibuktikandenganhasilulangansiswaXRPLSMKTurenyangmanasebanyak80%tidakmencapaiKKMdalammatapelajaranSistemKomputer.PadapengembanganmodulcetakSistemKomputerinipenelitimenggunakanmodelpengembanganDickandCarey(2001).Prosedurpenelitianpengembanganiniterbagimejadi4tahapyaitu(1)tahapanalisiskebutuhan(2)tahappengembangan(3)tahapujiformatifdan(4)tahapujisumatif.SubjekujicobabahanajaradalahsiswaSMKKelasXProgramKeahlianRekayasaPerangkatLunakdiSMKTuren.Hasilpenelitianyangtelahdilakukankepadaahlidanujicobasiswa.Dariahlimediadidapatkannilairata-rata8733%sedangkanuntukahlimaterididapatkannilairata-rata9095%.Ujicobaskalakecildiambildari7siswayangdiambilsecaraacakdidapatkanilairata-rata9198%kemudiandalamujicobaskalabesarataupemakaiandari27siswadidapatkannilairata-rata9204%.SecarakeseluruhanbahanajarinidikatakanvaliddanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajarankelasXRPLSemesterGanjildiSMKTuren.Kesimpulandaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)produkberupdamodulcetakSistemKomputeruntukkelasXRekayasaPerangkatLunak(RPL)padasemesterganjil(2)modulcetakyangdikembangkantelahmemilikikarakteristikSelfInstruction(3)modulcetakmemilikikarakteristikStandAloneyangtidaktergantungdaribahanajar/medialaindanmemenuhikaidahUserFriendlydan(4)TelahdilakukanujikelayakanpadaahlimediaahlimateriskalakecildanskalabesarsertadidapatankeseluruhanbahanajarinidikatakanvaliddanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajarankelasXRPLSemesterGanjildiSMKTuren.