Pengembangan modul cetak dengan mengintegrasikan metode drill and practice untuk suplemen materi sistem komputer pada siswa kelas X Program Keahlian RPL SMK Turen / Adysta Abitama Ardent

Main Author: Ardent, Adysta Abitama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/84925/
Daftar Isi:
  • viABSTRAKArdent.AdystaAbitama.2019.PengembanganModulCetakDenganMengintegrasikanMetodeDrillandPracticeUntukSuplemenPembelajaranMateriSistemKomputerPadaSiswaKelasXProgramKeahlianRPLSMKTuren.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SetiadiCahyonoPutroM.Pd.M.T.(II)Dr.Ir.H.SyaadPatmantaraM.Pd.KatakunciModulcetakSistemKomputerDrillandPracticeSMK.SaatinipadaprogramkeahlianRPLdiSMKadabeberapamatapelajaranproduktifsalahsatunyaadalahSistemKomputer(SK).SKmerupakanmatapelajaranyangmengenalkansiswamulaidaripengenalanlogikadalamsuatukomputersertaarsitekturdancarakerjakomputer.MatapelajaraniniadalahsalahsatumatapelajaranproduktifdasaryangharusdikuasisiswaSMKjurusanRPLkelasXsebelummelanjutkankematapelajaranproduktifyangmanatingkatkesulitannyalebihtinggi.NamunhasilwawancaradengansiswaXRPLSMKTurenmengatakanbahwamerekakesulitandalammengingatmateriSistemKomputerdibandingkandenganmatapelajaranproduktiflainnyakarenakurangnyabahanuntukbelajarbaikmandiriatauberkelompok.Karenakesulitandalamprosesbelajarmakahaltersebutakansecaralangsungberpengaruhkepadanilaihasilbelajarsiswa.HalinitelahdibuktikandenganhasilulangansiswaXRPLSMKTurenyangmanasebanyak80%tidakmencapaiKKMdalammatapelajaranSistemKomputer.PadapengembanganmodulcetakSistemKomputerinipenelitimenggunakanmodelpengembanganDickandCarey(2001).Prosedurpenelitianpengembanganiniterbagimejadi4tahapyaitu(1)tahapanalisiskebutuhan(2)tahappengembangan(3)tahapujiformatifdan(4)tahapujisumatif.SubjekujicobabahanajaradalahsiswaSMKKelasXProgramKeahlianRekayasaPerangkatLunakdiSMKTuren.Hasilpenelitianyangtelahdilakukankepadaahlidanujicobasiswa.Dariahlimediadidapatkannilairata-rata8733%sedangkanuntukahlimaterididapatkannilairata-rata9095%.Ujicobaskalakecildiambildari7siswayangdiambilsecaraacakdidapatkanilairata-rata9198%kemudiandalamujicobaskalabesarataupemakaiandari27siswadidapatkannilairata-rata9204%.SecarakeseluruhanbahanajarinidikatakanvaliddanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajarankelasXRPLSemesterGanjildiSMKTuren.Kesimpulandaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)produkberupdamodulcetakSistemKomputeruntukkelasXRekayasaPerangkatLunak(RPL)padasemesterganjil(2)modulcetakyangdikembangkantelahmemilikikarakteristikSelfInstruction(3)modulcetakmemilikikarakteristikStandAloneyangtidaktergantungdaribahanajar/medialaindanmemenuhikaidahUserFriendlydan(4)TelahdilakukanujikelayakanpadaahlimediaahlimateriskalakecildanskalabesarsertadidapatankeseluruhanbahanajarinidikatakanvaliddanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajarankelasXRPLSemesterGanjildiSMKTuren.