Pengembangan bahan ajar programmed learning mata pelajaran pemrograman dasar bermuatan evaluasi berbasis tantangan untuk meningkatkan logical thinking skill pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Hartanti Iriyani
Main Author: | Iriyani, Hartanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/84920/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKIriyaniHartanti2019.PengembanganBahanAjarProgrammedLearningMataPelajaranPemrogramanDasarBermuatanEvaluasiBerbasisTantanganuntukMeningkatkanLogicalThinkingSkillpadaSiswaKelasXRekayasaPerangkatLunakdiSMKNegeri1KepanjenKabupatenMalang.SkripsiJurusanTeknikElektroFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.WahyuSaktiG.IM.Kom.(2)HeruWahyuHerwantoS.T.M.Kom.KataKunciLogicalThinkingSkillBahanAjarProgrammedLearningEvaluasiBerbasisTantanganPemrogramanDasarBerdasarkanhasilwawancarapadakelasXRekayasaPerangkatLunak1diSMKNegeri1Kepanjensebanyak25%mendapatkannilaidibawahKKMpadamatapelajaranPemrogramanDasar.Namun75%siswayangmemperolehnilaidiatasKKMbelumtentubisadanpahamdenganmateriPemrogramanDasar.HasilbelajarsiswatersebutdipengaruhiolehbahanajarmetodepembelajaranyangdigunakanolehgurudanlogicalthinkingskillsiswaterhadappemrogramanyangrendahsehinggasiswasusahmemahamimateriPemrogramanDasaryangdisampaikanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmerencanakandanmengembangkanbahanajardenganmetodeprogrammedlearningbermuatanevaluasiberbasistantanganpadamatapelajaranPemrogramanDasarmengetahuikelayakanbahanajarsertameningkatkanlogicalthinkingskillsiswaterhadappemrograman.ModelpengembanganyangdigunakandalammengembangkanbahanajariniadalahmodelpengembanganADDIE.Terdapat5tahapanpadamodelADDIEyaitu(1)Analysis(2)Design(3)Development(4)Implementation(5)Evaluation.Teknikpengumpulandatamengunakanangketsoalpretestdansoalposttest.Validasidankelayakanprodukdilakukandenganmenggunakanangketolehahlimediaahlimateripenggunabahanajaryangterdiridariujicobaperoranganujicobakelompokkecildanujicobakelompokbesar.PeningkatanlogicalthinkingskilldilakukanmenggunakansoalpretestdanangketresponsiswasebelummenggunakanbahanajarsertasoalposttestdanangketresponsiswasetelahmenggunakanbahanajaryangdiujidenganujiT.Hasilvalidasiolehahlimediamemperolehpersentasesebesar875%ahlimaterimemperolehpersentasesebesar86%ujicobaperoranganmemperolehpersentasesebesar8520%ujicobakelompokkecilmemperolehpersentasesebesar8601%danujicobakelompokbesarmemperolehpersentasesebesar8813%yangdapatdinyatakansangatlayak.Pengukuranlogicalthinkingskillberdasarkannilaipretestmendapatkannilairata-ratasebesar668danhasilresponsiswasebelummenggunakanbahanajarmemperolehpersentasesebesar6233%sedangkanberdasarkannilaiposttestmendapatkannilairata-ratasebesar8093danhasilresponsiswasetelahmenggunakanbahanajarmemperolehpersentasesebesar8156%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwabahanajarprogrammedlearningmatapelajaranPemrogramanDasarbermuatanevaluasiberbasistantangandapatmeningkatkanlogicalthinkingskillsiswaterhadappemrograman.