Penerapan permainan sirkuit kartu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan di kelompok A RA An Nur Gemenggeng Kabupaten Nganjuk / Dewi Fitriatul Laila
Main Author: | Laila, Dewi Fitriatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8465/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLailaDewiFitriatul.2017.PenerapanPermainanSirkuitKartuuntukMeningkatkanKemampuanPemahamanKonsepBilangandiKelompokARAANNURGemenggengKabupatenNganjuk.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.PdM.Pd(II)EnyNurAisyahS.Pd.IM.Pd.KataKunciPermainansirkuitKartuPemahamanKonsepBilanganBerdasarkanhasilpengamatantampaknyaanakkelompokAmasihbelummenunjukkankemampuantentangpemahamanpadakonsepbilanganpadaindikatormengenallambangbilangandanmenghubungkankonsepbilangandenganlambangbilangannyahaltersebutberdasarkandatayangmenunjukkan10dari22anakbelummampumengenallambangbilangandan14dari22anakbelummampumenghubungkankonsepbilangandenganlambangbilangannya.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpermainansirkuitkartuyangdilaksanakanmelaluidelapantindakpembelajaranguru(2)mengetahuipeningkatanpemahamankonsepbilanganpadaanakyangdiperolehdenganditerapkannyapermainansirkutkartuPenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklustiapsiklusterdiridariduapertemuan.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasikeefektifanlembarobservasikeefisienandanlembarobservasikemenarikansertalembarobservasitindakpembelajaranguru.Pengumpulandatadilaksanakandenganmenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpermainansirkuitkartuditerapkanmelaluidelapantindakpembelajarangurudandapatmeningkatkancapaianbelajarpemahamankonsepbilangan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanjumlahanakyangmenunjukkanpadasiklusIterdapat18anakmencapaiindikatormengenallambangbilngandan16anakdapatmencapaiindikatormenghubungkankonsepbilangandenganlambangbilangannyapadasiklusIIterjadipeningkatanyaitu21anakmencapaiindikatorIdan20anakmencapaiIndikatorII.Capaianbelajarlainanakjugamengalamipeningkatandenganditerapkannyapermainansirkuitkartu.Berdasarkandatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainansirkuitkartudapatdapatmeningkatkankemampuanpemahamankonsepbilanganpadaanakdancapaianbelajarlainnya.Penelitimemberikansaranpadaguruuntukmemperhatikanlagitindakpembelajaranyangdilakukandanuntukpenelitiselanjutnyadapatmengambangkanpermainansehinggadapatmemperolehpeningkatanyanglebihoptimal.