Peningkatan hasil belajar pada subtema keindahan alam negeriku melalui model guided discovery di kelas 4 SDN 1 Jatiprahu Kabupaten Trenggalek / Elsa Veby Maharsi

Main Author: Maharsi, Elsa Veby
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/8431/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaharsiElsaVeby.2017.PeningkatanHasilBelajarPadaSubtemaKeindahanAlamNegerikuMelaluiModelGuidedDiscoveryDiKelas4SDN1JatiprahuKabupatenTrenggalek.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.Hj.LilikBintartikM.Pd(II)Dr.H.AlifMudionoM.Pd.KataKuncipeningkatanhasilbelajarsubtemakeindahanalamnegerikumodelguideddiscoveryBerdasarkankegiatanwawancarapadagurukelas4SDN1JatiprahudiperolehdatanilaiKKM(70)dansiswayangmemperolehnilaidiatasKKMsebanyak7siswa(412%)sedangkansiswayangmemperolehnilaidibawahKKMsebanyak10siswa(588%).Sedangkandalamkegiatanobservasiaktivitasgurudansiswadiperolehdatasebagaiberikut(1)gurubelummenggunakanmodelpembelajaranyangmelibatkansiswasecaraaktif(2)gurumenggunakanmetodeceramahdansesekalimenggunakanmetodetanyajawab(3)gurutidakmenggunakanmediapadasaatpembelajaran(4)siswabelumsiapdenganpembelajaranyangdilaksanakan(5)suasanabelajaryangkurangmenyenangkanyaitusiswamembacaulangmaterikemudianmengerjakansoaldan(6)parasiswadiberikesempatanbertanyanamuntidakadayangmengajukanpertanyaan.PenelitiandilaksanakandenganpendekatankualitatifjenisPTK.Datayangdiperolehmeliputidatapenerapanmodelguideddiscoverydataaktivitasgurudansiswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaratescatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanrata-ratapersentaseaktivitasgurupadasiklusI917%(sangatbaik)danmeningkatmenjadi100%(sangatbaik)padasiklusII.Rata-ratapersentaseaktivitassiswapadasiklusI794%(baik)danmeningkatmenjadi985%(sangatbaik)padasiklusII.Rata-ratahasilbelajaraspekpengetahuanpadatahappratindakanhanya649(Cukup)denganketuntasanklasikal412%(perlubimbingan)meningkatmenjadi725(baik)denganketuntasanklasikal589%(cukup)padaakhirsiklusIdan915(sangatbaik)denganketuntasanklasikal100%(sangatbaik)padaakhirsiklusII.NilaiketerampilansiswapadaawalsiklusIyangmendapatnilai100hanya4siswadanmeningkatmenjadi10siswapadaakhirsiklusII.PadasiklusIada2siswayangmendapatnilaidibawahKKMyaitu625sedangkanpadasiklusIIsemuasiswasudahmencapainilaidiatasKKM.SikappercayadiripadasiklusImunculpada4siswa(235%)danmeningkatpadaakhirsiklusIImenjadi12siswa(706%).SikaptanggungjawabpadasiklusIada6siswa(353%)danmeningkatpadaakhirsiklusIIada13siswa(765%).SikapsantunjugaterjadipeningkatanpadasiklusIada12siswa(706%)meningkatpadaakhirsiklusIIada17siswa(100%).Makadapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelguideddiscoveryyangdilaksanakanolehgurudansiswadengansangatbaikpadasubtemakeindahanalamnegerikudapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadikelas4SDN1JatiprahuKabupatenTrenggalek.Olehkarenaitudisarankankepadaguruuntukmenerapkanmodelguideddiscoverydalampembelajaranagarhasilbelajardanketuntasanbelajarklasikalsiswalebihmaksimal.