Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan kolase dengan menggunakan cangkang telur di TK Kartika IX-4 1A Malang / Bety Permata Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Bety Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8422/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWahyuningtyasBetyPermata.2016.PeningkatanKemampuanMotorikHalusAnakKelompokBMelaluiKegiatanKolasedenganMenggunakanCangkangTelurdiTKKartikaIX-41AMalang.SkripsiProdiS1-PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.AhmadSamawiM.Hum.(II)SandyTegariyaniPutriSantosoM.PdKatakunciMotorikHalusKolase.HasilobservasidiTKKartikaIX-41AMalangdiketahui56%anakbelummampudalamkemampuanmotorikhalusnyadikarenakanPembelajarankurangbervariasimenjadikankemampuanmotorikanaktidakdapatberkembangdenganmaksimal.Rumusanmasalahdalampenelitianinimeliputi1)BagaimanapenerapanpembelajaranTeknikKolaseuntukmeningkatkankemampuanMotorikHaluspadakelompokBdiTKKartikaIX-41AMalang2)ApakahmelaluikegiatanpembelajaranTeknikKolasedapatmeningkatkankemampuanMotorikHaluspadakelompokBdiTKKartikaIX-41AMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas(PTK)denganprosessiklus.setiapsiklusterdiridariempattahappelaksanaanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatansertarefleksi.SubyekpenelitianiniadalahanakkelompokBTKKartikaIX-41AMalang.Instrumenyangdigunakanlembarobservasidandokumentasianalisisnyaadalahdeskriptif.Hasilpenelitianadalah1)kegiatankolasedilaksanakandenganpersiapanapersepsitanyajawabanakmembuatkolasemengisipolagambarsesuaitemadancontoh2)KegiatankolasemenggunakancangkangtelurdapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusanakkelompokBTKKartikaIX-41AMalangdari6706%padasiklusImenjadi8805%padasiklusII.Berdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa1)kegiatankolasedapatditerapkandenganbaikpadaanakkelompokBTKKartikaIX-41AMalang2)kegiatankolasemenggunakancangkangtelurdapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusanakkelompokBTKKartikaIX-41AMalang.