Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok A melalui kegiatan melipat kertas di TK Bahrul Ulum Sanankerto / Dewi Ulya

Main Author: Ulya, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8420/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUlyaDewi.2016.PeningkatanKemampuanMotorikHalusAnakKelompokAmelaluiKegiatanMelipatKertasdiTKBahrulUlumSanankerto.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanSutamaM.Pd(II)RetnoTriWulandariS.PdM.Pd.KataKunciMotorikHalusMelipatKertasBerdasarkanhasilpengamatanyangdilakukandiTKBahrulUlumSanankertoditemukanbahwaperkembanganmotorikhalusanakbelumberkembangsecaraoptimal.Salahsatupenyebabkurangberkembangnyamotorikhalusadalahkegiatanyangberhubungandenganpengembanganmotorikhalusjarangdilaksanakandanmediayangdigunakanjugakurangbervariasi.Tujuanpenelitianyangdilakukanadalah(1)mendeskripsikanpenerapankegiatanmelipatkertasdalammeningkatkankemampuanmotorikhalusanak(2)mendeskripsikanhasilpeningkatankemampuanmotorikhalusanakkelompokAmelaluikegiatanmelipatkertas.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Subyekpenelitiansebanyak23anakyangterdiridari11anakperempuandan12anaklaki-laki.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatanmelipatkertas(origami)dapatmeningkatkanmotorikhalusdankualitaspembelajarandikelas.Peningkatanmotorikhalusanakdapatdilihatdarikriteriakeberhasilanpadapratindakansebanyak39%padasiklusI52%dansiklusIImencapai100%.Adapunsaranyangdikemukakanpenelitiadalah(1)guruperlumemberikanaturanmainsaatkegiatanberlangsung(2)sekolahdimohonuntukmemperbesarjendelayangadadikelas(3)orangtuaatauwalimuridseharusnyatidakberkumpuldidepankelas(4)bagipenelitiselanjutnyadiharapkanmampumembuatkegiatanmelipatkertasdenganmediayangbaru.