Peningkatan rasa percaya diri melalui metode sosiopreneur pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kota Malang / Arum Murniati Sakinah

Main Author: Sakinah, Arum Murniati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8388/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSakinahArumMurniati.2016.PeningkatanRasaPercayaDirimelaluiMetodeSosiopreneurpadaAnakKelompokBdiTKAisyiyahBustanulAthfal17KotaMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruAnakUsiaDiniJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.PdM.Pd.(II)WuriAstutiS.Pd.KataKunciRasaPercayaDiriMetodeSosiopreneurPendidikankaraktermerupakanhalyangsangatpentingbagianakusiadini.Pendidikankaraktermembantuterbentuknyakepribadiananakyangmampumembangunhubunganemosionalbaikdengandirisendirioranglainmaupunlingkungananak.PenelitianyangtelahdilakukandiTKAisyiyahBustanulAthfal17Kotamalangpadatanggal16November2016menunjukanbahwaterdapatpermasalahandalampeekembanganrasapercayadirianak.SehinggatujuanpenelitianiniyaituuntukmeningkatkanrasapercayadirimelaluimetodesosiopreneurpadaanakkelompokBdiTKAisyiyahBustanulAthfal17KotaMalang.Penelitianinidiharapkandapatbermanfaatkhususnyadalammemberikankontribusiterhadappengembangansifat/karakteranakusiadinikhususnyarasapercayadiri.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)kolaboratifmenggunakanmodelKemmisMc.SubjekpenelitianyaituanakkelompokB2diTKAisyiyahBustanulAthfal17KotaMalangsebanyak15anakyangterdiridari7anaklaki-lakidan8anakperempuan.Objekpenelitianiniyaiturasapercayadirianak.Metodepengumpulandatadilakukanmelaluiobservasiwawancaradandokumentasi.Teknikanalisisdatamenggunakandeskriptifkualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwametodesosiopreneurdapatmeningkatkanpercayadirianak.Halinidapatdibuktikandenganadanyakenaikanprosentasipeningkatanrasapercayadiriyangsignifikandarihasilprosentasepratindakandiperolehpersentasepercayadirisebesar27%kemudiandilanjutkandenganpemberiantreatmen/pemecahanmasalahpadasiklusIyangmenghasilkanprosentaserasapercayadirisebesar60%danpadasiklusIIrasapercayadirianakmeningkatsecarapesatmenjadi87%.Sifatyangditunjukanolehanakdaripeningkatanrasapercayadirinyayaitua)anakberanimajukedepankelasb)mampumenyapaorangbaruyangditemuinyadanc)lebihoptimisdalambelajar.Penelitiselanjutnyadapatmenggunakanmetodesosiopreneurdengancapaianhasilpeningkatansikapyangberbedaselainrasapercayadirimisalnyaa)kemandirianb)kejujuranc)membangunsikapsosialdanlainsebaginya.