Pengembangan permainan ular tangga raksasa untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Kota Malang / Ayuni Thohirotunisa
Main Author: | Thohirotunisa, Ayuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8345/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKThohirotunisaAyuni.2016.PengembanganPermainanUlarTanggaRaksasaUntukMenstimulasiKemampuanKognitifAnakUsia56TahundiKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.KentarBudhojoM.Pd(2)WuriAstutiS.PdKatakunciPermainanulartanggaraksasakemampuankognitifKegiatanpembelajaranyangselamainidilakukanuntukmengembangkankemampuankognitifdiTKInsanKamilGadangmasihmengacupadamajalahmediayangdigunakanberupalembarkerjayangtercantumdidalammajalahsekolahcenderungmenggunakanteknikmenulis.PengembanganpermainanmodifikasiyangmenyenangkanbelumpernahdilakukandiTKInsanKamilGadang.Penelitimerancangpermainanyangdiberinamapermainanulartanggaraksasa.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprodukpermainanulartanggaraksasayangamanmudahdanmenyenangkanuntukmenstimulasikemampuankognitifpadaanakusia5-6tahundikotaMalang.KarakteristikpermainanulartanggaraksasayangdimaksudadalahamanartinyapermainantidakmembahayakanbagianakmudahartinyapermainantidakmenyulitkananakdalammelakukannyamenyenangkanartinyapermainantidakmembosankandanmembuatsenanganakPenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganDickandCarey.Langkahpenelitiandimulaidarianalisiskebutuhandantujuanrancanganprodukrevisiahliujicobakelompokkecilrevisidilakukanberdasarkanhambatanyangadadilapanganselanjutnyaujicobakelompokbesardanrevisiakhir.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifdankuantitatifberupapresentase.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutpermainanulartanggaraksasauntukmenstimulasikemampuankognitifpadaanakusia5-6tahundikotaMalangdinilaibaikdanlayakdigunakandenganmemperhatikanukurantempatyangdigunakan.Saran-saranyangdapatdikemukakanadalahapabilasemuaanakmampumelaksanakanpermainandenganbaiksebaiknyakegiatandalampermainandiubahdandimodifikasi.