Pengembangan permainan ular tangga raksasa untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Kota Malang / Ayuni Thohirotunisa

Main Author: Thohirotunisa, Ayuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8345/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKThohirotunisaAyuni.2016.PengembanganPermainanUlarTanggaRaksasaUntukMenstimulasiKemampuanKognitifAnakUsia56TahundiKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.KentarBudhojoM.Pd(2)WuriAstutiS.PdKatakunciPermainanulartanggaraksasakemampuankognitifKegiatanpembelajaranyangselamainidilakukanuntukmengembangkankemampuankognitifdiTKInsanKamilGadangmasihmengacupadamajalahmediayangdigunakanberupalembarkerjayangtercantumdidalammajalahsekolahcenderungmenggunakanteknikmenulis.PengembanganpermainanmodifikasiyangmenyenangkanbelumpernahdilakukandiTKInsanKamilGadang.Penelitimerancangpermainanyangdiberinamapermainanulartanggaraksasa.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanprodukpermainanulartanggaraksasayangamanmudahdanmenyenangkanuntukmenstimulasikemampuankognitifpadaanakusia5-6tahundikotaMalang.KarakteristikpermainanulartanggaraksasayangdimaksudadalahamanartinyapermainantidakmembahayakanbagianakmudahartinyapermainantidakmenyulitkananakdalammelakukannyamenyenangkanartinyapermainantidakmembosankandanmembuatsenanganakPenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganDickandCarey.Langkahpenelitiandimulaidarianalisiskebutuhandantujuanrancanganprodukrevisiahliujicobakelompokkecilrevisidilakukanberdasarkanhambatanyangadadilapanganselanjutnyaujicobakelompokbesardanrevisiakhir.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisiskualitatifdankuantitatifberupapresentase.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutpermainanulartanggaraksasauntukmenstimulasikemampuankognitifpadaanakusia5-6tahundikotaMalangdinilaibaikdanlayakdigunakandenganmemperhatikanukurantempatyangdigunakan.Saran-saranyangdapatdikemukakanadalahapabilasemuaanakmampumelaksanakanpermainandenganbaiksebaiknyakegiatandalampermainandiubahdandimodifikasi.