Pengembangan media pohon warna dalam pembelajaran tema tanaman untuk usia 4-5 tahun / Qurrota A'yun
Main Author: | A'yun, Qurrota |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8320/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAyunQurrota.2016.PengembanganMediaPohonWarnadalamPembelajaranBerbicaraTemaTanamanuntukUsia4-5Tahun.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.AhmadSamawiM.Hum(II)EvaniaYafieS.PdM.Pd.KataKunciMediaPohonWarnaPembelajaranBerbicaraBahasamerupakansaranayangsangatpentingdalamkehidupananak.Anakmempelajaribahasadenganberbagaicarayaknimenyimakberbicaramenirumengkeskpresikandanmengkomunikasikannyapadaoranglain.Pembelajaranberbicarapadaanakmembutuhkanmedia.Mediapohonwarnamerupakanmediatiruan(imitasi)yangberbentukpohonuntukmenumbuhkanpengetahuananaktentangmacam-macamwarna.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukuntukdimanfaatkansebagaisalahsatualternatifmediapembelajarankemampuanbahasaaspekberbicarapadatematanamanyangmenarikmudahdilakukananakdantepatsehinggalayakdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanberbicaraanakusia4-5tahun.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembanganDickCarey.ProsedurpengembanganMediaPohonWarnayaitupadahanyasampaipadatahapkesembilankarenatelahmelewatiprosesuntukmenentukankelayakanprodukbahanmaterialdanrancangandesainmelaluirevisidanevaluasirancanganhinggaprosessudahdianggapselesaidandinyatakanvalid.Berdasarkanujiformatifdariahlibahasadiperolehpersentasekevalidansebesar883%ahlimedia794%danahlimateripembelajaran90%.Kemudiananalisisdataujilapangankelompokbesardiperolehhasilpengembanganyaitu(1)kemudahan9125%(2)kemenarikan97%(3)ketepatan875%(4)keberhasilananakpadaaspekberbicarasebesar9125%.Berdasarkanpengembanganinidapatdisimpulkanbahwamediapohonwarnadikategorikansangatvalidyaitudapatdigunakantanparevisi.Disarankankepadagurudanpenelitilainuntukmengkajiefektifitaspengembanganmediapohonwarnaini.