Pengembangan bahan ajar berupa jobsheet praktikum motor starter untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Achmad Zuhri Imaduddin

Main Author: Imaduddin, Achmad Zuhri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/83082/
Daftar Isi:
  • RINGKASANImaduddinAchmadZuhri.2019.PengembanganBahanAjarberupaJobsheetPraktikumMotorStarteruntukKelasXITeknikKendaraanRingandiSmkNegeri11Malang.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ImamMudaNauriS.TM.T(II)WindraIrdiantoS.Pd.M.Pd.KataKuncibahanajarjobsheetmotorstarter.Bahanajarberupajobsheetmemilikimanfaatmembantukegiatanpraktikagarlebihefektif.Denganadanyajobsheetguruakanlebihmudahberinteraksidengansiswasehinggakegiatanpembelajaranberlangsungsecaraefektif.Sertabisalebihmenarikminatbelajarsiswadalammelakukankegiatanpraktiksecaramandiri.TujuandaripenelitianpengembangandiSMKNegeri11Malangadalah(1)merancangdanmengembangkanbahanajarberupajobsheetmotorstarter(2)Mengetahuitingkatkelayakanprodukbahanajarberupajobsheetmotorstarteryangdihasilkansehinggalayakdigunakandalampembelajaran.PenelitianinimenggunakanmetodepengembanganyangbersifatdeskriptifkuantitatifdenganmengadopsimodelpengembanganADDIEyangdikembangkanolehReiserdanMollendayangterdiridarilimatahapanAnalisysDesignDevelopmentImplementationEvaluation.Instrumenpengumpuladatayangdigunakandalampengembanganiniberupaangket/kuisioneryangdisebarkankepadaahlimediaahlimateri8orangsiswauntukujikelompokkecildan32orangsiswauntukujilapangan.Datayangdiperolehberupadatakuantitatifyangdiperolehdarihasilpenskoranyangkemudianditerjemahkankevalidannya.Padaprosespengembanganbahanajardimulaidarimenganalisiskebutuhanmengidentifikasimasalahmenganalisispesertadidikhinggamenentukanmateribahanajar.Setelahsemuaselesaimakadilakukanperencanaanbahanajarmulaidaripenyusunangarisbesarjobsheetmendesainpembelajaranpadajobsheetpemilihanfotmatpenulisannaskahjobsheethinggaprodukselesaidansiapuntukdiujicobakan.TahapujicobabahanajarmelibatkanahlimateriahlimediadansiswakelasXITeknikKendaraanRingandiSMKNegeri11Malang.Hasilujicobavalidasiyangdilakukandengan3tahapyaituvalidasiahlimaterivalidasiahlimediadanujicobalapangan.Berdasarkanpenilaianahlimaterimemperolehpersentase90%yangtermasukkriteriasangatvalid.Berdasarkanpenilaiandariahlimediamemperolehpersentase95%yangtermasukkriteriasangatvalid.KemudianpenilaiandarisiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKNegeri11Malangyangmemperolehpersentase83%dikategorikansangatvalid.MakadariketigapenilaiantersebutdapatdiartikanbahwajobsheetmotorstartersangatlayakdigunakansebagaisumberbelajaruntukkelasXITeknikKendaraanRingandiSMKNegeri11Malang.