Peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui penggunaan play dough karakter di TK PGRI Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Aina Lailatul Fitriyah

Main Author: Fitriyah, Aina Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8308/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLailatulFitriyahAina.2016.PeningkatanKemampuanMotorikHalusAnakKelompokBmelaluiPenggunaanPlayDoughKarakterdiTKPGRIKecamatanSrengatKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AlifMudionoM.Pd(II)Dra.Hj.LilikBintartikM.Pd.KataKuncikemampuanmotorikhaluskelompokBplaydoughkarakterHasilobservasimenunjukkankemampuanmotorikhalusanakdalammemegangpensiluntukmenuliskurangmaksimal.Sebanyak11anakdari17anakbelummampumemegangpensiluntukmenulisdenganbenar.Faktorpenyebabdaripermasalahantersebutdiketahuidarihasilwawancaradenganguruyangmenunjukkanbahwagurukesulitanmemilihkegiatanyangbersifatmenyenangkansehinggaanakdituntutuntukmengerjakanlembarkerja.Alternatifpemecahanmasalahyaitumemberikankesempatananakuntukmelatihjari-jaridanpergelangantangandenganstimulasiyangmenyenangkan.Stimulasiberupaalatpermainanyangmenarikamanmudahdidapatmudahdibuatdanedukatif.Alatpermainanyangdimaksudadalahplaydoughkarakter.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaanplaydoughkarakteruntukmeningkatkankemampuanmotorikhalusdanpeningkatankemampuanmotorikhalusanakkelompokBdiTKPGRIKecamatanSrengatKabupatenBlitarmelaluipenggunaanplaydoughkarakter.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Penelitiandilaksanakandalam2siklusdenganmasing-masingsiklusterdiridari2pertemuan.Tiappertemuanterdiridari4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaracatatanlapangandandokumentasidengandilengkapiinstrumenberupapedomanwawancaralembarobservasidanlembarcatatanlapangan.Analisisdatadilakukandengantahapanreduksidatapenyajiandanpenarikankesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanplaydoughkaraktermampumeningkatkanaktivitasguruaktivitasanakdankemampuanmotorikhalusanak.AktivitasgurupadasiklusIsebesar86%dengankriteriabaikmeningkatpadasiklusIIsebesar100%dengankriteriasangatbaik.AktivitasanakpadasiklusIsebesar76%dengankriteriacukupmeningkatpadasiklusIIsebesar954%dengankriteriasangatbaik.KemampuanmotorikhalusanakmeningkatsecarabertahapdaripratindakanhinggasiklusII.Persentasepadapratindakansebesar35%kriteriasangatkurangmeningkatmenjadi529%kriteriasangatkurangpadasiklusIkemudianmeningkatlagisebesar94%dengankriteriasangatbaikpadasiklusII.Berdasarkandatahasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenggunaanplaydoughkarakteryangdilakukandengansangatbaikolehgurudananakmampumeningkatkankemampuanmotorikhalusdarisangatkurangmenjadisangatbaik.8195