Persepsi guru tentang kesiapan program keahlian otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Malang Raya dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0 / Erwin Lorenzah

Main Author: Lorenzah, Erwin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/83077/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANErwinLorenzah2019.PersepsiGurutentangKesiapanProgramKeahlianOtomotifSekolahMenengahKejuruandiMalangRayadalammenghadapiEraRevolusiIndustri4.0SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AmatNyotoM.Pd.(II)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd.KataKuncipersepsiguruPerkembanganindustrisaatinisudahpadatahapindustrike4.0dimanapadaindustriinisudahberbasisdatadandigital.Inilahsejarahsingkatperkembanganindustrimulaidariawalyaitupadarevolusiindustripertamamenggunakanmesinuapsetelahiturevolusikeduaditemukannyalistrikrevolusiketigaditandaidenganadanyamesinmesinotomatisdanyangterakhiryaituindustrierakeempatini.halinijugaberdampakpadaduniapendidikankhususnyaSMK.MuatanpendidikanpadaSMKharusmeliputipembelajaranyangselaluinovatifketrampilanliterasidigitalkarirdankecakapanhidup.Denganadanyainstruksipresidenno9tahun2016tentangrevitalisasiSMKsebagaiupayadalammenyikapiperkembanganindustri4.0ini.DirektoratpembinaanSMKpunjugamenetapkanlimaarearevitalisasiyangterdiridarigurudantenagakependidikankurikulumkerjasamaduniaUsaha/Industrisertifikasidanakreditasidansaranaprasaranadankelembagaan.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuikesiapandaridimensikesiapangurukesiapankurikulumdankesiapansaranaprasaranapadaprogramkeahlianotomotifSMKyangadadimalangrayagunamenghadapierarevolusiindustri4.0Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Teknikpengambilansampeladalahnonprobalitysamplingyaitusampeljenuh.RespondenpadapenelitianiniadalahseluruhguruproduktifprogramkeahlianotomotifSMKNegeri10MalangdanSMKNegeri01Singosariyangberjumlah22responden.Instrumenyangdigunakanadalahangket/kuisionertertutup.Hasilyangdiperolehdalampenelitianinimenunjukanbahwakesiapanprogramkeahlianotomotifdalammenghadapieraindustri4.0pada(1)dimensikesiapangurudengankategorisangatsiapsebesar9426%berdasarkanindikator(a)kompetensigurusebesar6196%dan(b)prinsipgurumengajar3230%.(2)kesiapankurikulummasukpadakategorisiapdenganpersentase7105%berdasarkanindikator(a)perkembangankurikulumsebesar455%(b)prinsipkurikulum2344%(c)strategikurikulum2943%(d)penyelarasankurikulum909%(e)pembelajaransistemblok455%dan(f)englisharea0%.Dan(3)dimensikesiapansaranaprasaranaberadapadakategorisangatsiapdenganpersentase8616%didapatdariindikatorberikut(a)standar1736%(2)sumberpemenuhansaranaprasarana1983%(3)perbaiakanthumanetal2851%dan(4)prinsip5Rsebesar1384%.SehinggajikadikakulasikandariketigadimensikesiapanyangdiambilkesiapanprogramkeahlianotomotifSMKdiMalangRayadalamrangkamenghadapierarevolusiindustri4.0beradapadakategorisangatsiapdenganpersentase8383%.SaranyangdiberikanuntukSMKyangberadadiMalangRayaadalahpertamauntukdimensikesiapankurikulumdisarankanpadadimensiiniuntukvimengadakanprogramenglishdaydanadanyaenglisharea.Sebagaisaranakomunikasiglobalbahasainggrismemangharusdikuasaisecaraaktifbaiklisanmaupuntulisan.Agarparalulusannantinyabisaproaktifdalammenghadapiarusinformasiglobaldanbekalketikaterjundiduniakerja.