Pemanfaatan quipper school berbasis blended learning terhadap hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan differential di kelas X TKRO SMK PGRI 3 Malang / Awalia Habibatuz Zahro

Main Author: Zahro, Awalia Habibatuz
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/83075/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANZahroA.H.2019.PemanfaatanQuipperSchoolBerbasisBlendedLearningterhadapHasilBelajarpadaKompetensiMenerapkanCaraPerawatanDifferentialdiKelasXTKROSMKPGRI3MALANG.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.E.M.M.M.Pd.(II)AndikaBagusNurRahmaPutraS.Pd.M.Pd.KataKunciquipperschoolblendedlearninghasilbelajardifferentialSekolahMenengahKejuruan(SMK)merupakansalahsatupendidikanformaldiIndonesiayangsiswanyadipersiapkanuntukmemasukiduniaindustri.HasilobservasipadaSMKPGRI3Malangmenunjukkanmasalahutamayaitupemanfaatanfasilitassekolahberupatabletdanwifiyangkurangoptimaldansebagianbesarsiswamemilikikecenderunganyangbesardalambergantungpadagurudisekolahdalambelajar.MediaQuipperSchoolmenjadisalahsatuupayauntukmengatasipermasalahanpembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanhasilbelajarantarasiswayangdiberiperlakuanmenggunakanQuipperSchoolberbasisblendedlearningdenganmenggunakanslidepresentasipadakompetensimenerapkancaraperawatandifferentialsiswakelasXTKROdiSMKPGRI3MALANG.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifjeniseksperimentalsemudenganpre-testdanpost-test.PenelitiandilakukanpadasiswakelasXTeknikKendaraanRinganOtomotif(TKRO)tahunajaran2018/2019.KelasXTKROEsejumlah30siswasebagaikelaskontroldankelasXTKROEsejumlah29siswasebagaikelaseksperimen.InstrumenyangdigunakanberupainstrumenpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)aplikasiQuipperSchooldaninstrumentes(pre-testdanpost-test).AnalisisdatadilakukandengananalisisujiIndependentSampleTTestmenggunakanbantuanSPSS24.0untukmengujihipotesis.HasilPenelitianmenunjukkanbahwa(1)QuipperSchoolmemilikibeberapakelebihanuntukmembantuprosespembelajaran(2)mediaQuipperSchoolyangdihasilkanberbasisbleandedlearningdandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadan(3)pemanfaatanQuipperSchoollebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadakompetensimenerapkancaraperawatandifferentialdikelasXTKROSMKPGRI3Malangdibandingkandenganmediaslidepresentasi.Saranyangdiberikanmeliputi1)gurumenggunakanQuipperSchoolpadakompetensilainyangmemilikikarakteristiksama2)sekolahlebihmemaksimalkanfasilitasberupatabletdanaksesinternetdenganmenerapkanaplikasisepertiQuipperSchoolatauyanglainnyadan3)penelitiselanjutnyaperlumenyiapkankoneksiinternetcadangandiluarwifisekolahuntukmenghindarigangguankoneksiinternetselamaprosespembelajarandikelasdandapatmenambahvariabelbaruuntukmemperluascangkupanpenelitianyangakandilaksanakan.