Pemanfaatan quipper school berbasis blended learning terhadap hasil belajar pada kompetensi menerapkan cara perawatan differential di kelas X TKRO SMK PGRI 3 Malang / Awalia Habibatuz Zahro
Main Author: | Zahro, Awalia Habibatuz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/83075/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANZahroA.H.2019.PemanfaatanQuipperSchoolBerbasisBlendedLearningterhadapHasilBelajarpadaKompetensiMenerapkanCaraPerawatanDifferentialdiKelasXTKROSMKPGRI3MALANG.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.E.M.M.M.Pd.(II)AndikaBagusNurRahmaPutraS.Pd.M.Pd.KataKunciquipperschoolblendedlearninghasilbelajardifferentialSekolahMenengahKejuruan(SMK)merupakansalahsatupendidikanformaldiIndonesiayangsiswanyadipersiapkanuntukmemasukiduniaindustri.HasilobservasipadaSMKPGRI3Malangmenunjukkanmasalahutamayaitupemanfaatanfasilitassekolahberupatabletdanwifiyangkurangoptimaldansebagianbesarsiswamemilikikecenderunganyangbesardalambergantungpadagurudisekolahdalambelajar.MediaQuipperSchoolmenjadisalahsatuupayauntukmengatasipermasalahanpembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmembandingkanhasilbelajarantarasiswayangdiberiperlakuanmenggunakanQuipperSchoolberbasisblendedlearningdenganmenggunakanslidepresentasipadakompetensimenerapkancaraperawatandifferentialsiswakelasXTKROdiSMKPGRI3MALANG.Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifjeniseksperimentalsemudenganpre-testdanpost-test.PenelitiandilakukanpadasiswakelasXTeknikKendaraanRinganOtomotif(TKRO)tahunajaran2018/2019.KelasXTKROEsejumlah30siswasebagaikelaskontroldankelasXTKROEsejumlah29siswasebagaikelaseksperimen.InstrumenyangdigunakanberupainstrumenpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)aplikasiQuipperSchooldaninstrumentes(pre-testdanpost-test).AnalisisdatadilakukandengananalisisujiIndependentSampleTTestmenggunakanbantuanSPSS24.0untukmengujihipotesis.HasilPenelitianmenunjukkanbahwa(1)QuipperSchoolmemilikibeberapakelebihanuntukmembantuprosespembelajaran(2)mediaQuipperSchoolyangdihasilkanberbasisbleandedlearningdandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadan(3)pemanfaatanQuipperSchoollebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswapadakompetensimenerapkancaraperawatandifferentialdikelasXTKROSMKPGRI3Malangdibandingkandenganmediaslidepresentasi.Saranyangdiberikanmeliputi1)gurumenggunakanQuipperSchoolpadakompetensilainyangmemilikikarakteristiksama2)sekolahlebihmemaksimalkanfasilitasberupatabletdanaksesinternetdenganmenerapkanaplikasisepertiQuipperSchoolatauyanglainnyadan3)penelitiselanjutnyaperlumenyiapkankoneksiinternetcadangandiluarwifisekolahuntukmenghindarigangguankoneksiinternetselamaprosespembelajarandikelasdandapatmenambahvariabelbaruuntukmemperluascangkupanpenelitianyangakandilaksanakan.