Pengaruh racing valve terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat 108 CC / Elektrikkyan Putra Bhakti
Main Author: | Bhakti, Elektrikkyan Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/83067/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKBhaktiElektrikkyanPutra.2019.PengaruhRacingValveTerhadapDayadanEmisiGasBuangpadaSepedaMotorHondaBeat108cc.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ParyonoS.TM.T.(II)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.EM.PdMM.KataKunciHondaBeatRacingValveEmisiGasBuangDaya.Peningkatanpenggunakendaraanbermotorterusmeningkatsetiaptahunnyakhususnyapadasepedamotor.Keadaantersebuttentunyaakanmengakibatkanpeningkatanpolusiudarayangdisebabkanolehgasbuangkendaraanbermotoryangpembakarannyakurangsempurnaakibatsifatbahanbakaryangkuranghomogen.karenadenganadanyapembakaranyangtidaksempurnayangdisebabkanolehcampuranbahanbakaryangterlalukaya.Denganadanyapermasalahanyangdiinginkanmasyarakatyangmenggunakanmesindengankapasitaskecildenganmenghasilkandayayangtingginamundengankapasitasmesinyangkeciladakonsekuensiemisigasbuangyangsemakinmeningkatjdipenelitiinginmembuatpenelitiantentangpeningkatandayadanemisigasbuangdengancaramenggunakanracingvalve.Tujuandariperubahanpengguananracingvalveyangberukuran27(katupin)dan23(katupex)untukmengetahuiperbedaanantarastandartvalvedenganracingvalveterhadapdayadanemisigasbuangpadasepedamotorHondaBeat108cc.PenelitianujidayamenggunakanalatdynotesyangdilakukandibengkelAHASASIAsedangkanuntukpengujiandataemisigasbuangmenggunakangasanalizeryangdilakukandiUniversitasNegeriMalang.Penelitianinitermasukpenelitianmetodetrueeksperiment.Dananalisisdatadengan(UjiT)denganmenggunakanSPSS20forWindiwsHasilpenelitianinimenemukansuatuperbedaanyangsignifikandenganmenggunakanstandartvalvedanracingvalveterhadapdayadanemisigasbuangyangdiperolehdaridayamotorsebesar098HPpadaputaran4000rpmdanpadaputaran8000dayayangdihasilkansebesar938HP.Peningkatandayayangsignifikanterjadipadaputaranmesin4500rpmsampaidengan8000rpm.Untukpeniingkatandayaterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar938HP.SedangkanemisigasbuangCOsebesar013%padaputaran2500rpmdanpadaputaran8000COyangdihasilkansebesar238%.PeningkatanemisigasbuangCOyangsignifikanterjadipadaputaranmesin5500rpmsampaidengan8000rpm.UntukpeniingkatanCOterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar238%.DanuntukemisigasbuangHCsebesar121ppmpadaputaran2500rpmdanpadaputaran8000HCyangdihasilkansebesar239ppm.PeningkatanemisigasbuangHCyangsignifikanterjadipadaputaranmesin3500rpmsampaidengan8000rpm.UntukpeniingkatanHCterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar239ppm.Dengandemikianinidisarankanperluadanyapenelitiandanpengembangalebihlanjutmengenaipengaruhracingvalvedantekanankompresiterhadapdayadankonsumsiba