Pengaruh racing valve terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat 108 CC / Elektrikkyan Putra Bhakti

Main Author: Bhakti, Elektrikkyan Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/83067/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKBhaktiElektrikkyanPutra.2019.PengaruhRacingValveTerhadapDayadanEmisiGasBuangpadaSepedaMotorHondaBeat108cc.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ParyonoS.TM.T.(II)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.EM.PdMM.KataKunciHondaBeatRacingValveEmisiGasBuangDaya.Peningkatanpenggunakendaraanbermotorterusmeningkatsetiaptahunnyakhususnyapadasepedamotor.Keadaantersebuttentunyaakanmengakibatkanpeningkatanpolusiudarayangdisebabkanolehgasbuangkendaraanbermotoryangpembakarannyakurangsempurnaakibatsifatbahanbakaryangkuranghomogen.karenadenganadanyapembakaranyangtidaksempurnayangdisebabkanolehcampuranbahanbakaryangterlalukaya.Denganadanyapermasalahanyangdiinginkanmasyarakatyangmenggunakanmesindengankapasitaskecildenganmenghasilkandayayangtingginamundengankapasitasmesinyangkeciladakonsekuensiemisigasbuangyangsemakinmeningkatjdipenelitiinginmembuatpenelitiantentangpeningkatandayadanemisigasbuangdengancaramenggunakanracingvalve.Tujuandariperubahanpengguananracingvalveyangberukuran27(katupin)dan23(katupex)untukmengetahuiperbedaanantarastandartvalvedenganracingvalveterhadapdayadanemisigasbuangpadasepedamotorHondaBeat108cc.PenelitianujidayamenggunakanalatdynotesyangdilakukandibengkelAHASASIAsedangkanuntukpengujiandataemisigasbuangmenggunakangasanalizeryangdilakukandiUniversitasNegeriMalang.Penelitianinitermasukpenelitianmetodetrueeksperiment.Dananalisisdatadengan(UjiT)denganmenggunakanSPSS20forWindiwsHasilpenelitianinimenemukansuatuperbedaanyangsignifikandenganmenggunakanstandartvalvedanracingvalveterhadapdayadanemisigasbuangyangdiperolehdaridayamotorsebesar098HPpadaputaran4000rpmdanpadaputaran8000dayayangdihasilkansebesar938HP.Peningkatandayayangsignifikanterjadipadaputaranmesin4500rpmsampaidengan8000rpm.Untukpeniingkatandayaterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar938HP.SedangkanemisigasbuangCOsebesar013%padaputaran2500rpmdanpadaputaran8000COyangdihasilkansebesar238%.PeningkatanemisigasbuangCOyangsignifikanterjadipadaputaranmesin5500rpmsampaidengan8000rpm.UntukpeniingkatanCOterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar238%.DanuntukemisigasbuangHCsebesar121ppmpadaputaran2500rpmdanpadaputaran8000HCyangdihasilkansebesar239ppm.PeningkatanemisigasbuangHCyangsignifikanterjadipadaputaranmesin3500rpmsampaidengan8000rpm.UntukpeniingkatanHCterbesarterjadipadaputaran8000rpmsebesar239ppm.Dengandemikianinidisarankanperluadanyapenelitiandanpengembangalebihlanjutmengenaipengaruhracingvalvedantekanankompresiterhadapdayadankonsumsiba