Pengembangan permainan sirkuit rotan ceria untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak Kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) / Tri Aisyah

Main Author: Aisyah, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8274/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAisyahTri.2015.PengembanganPermainanSirkuitRotanCeriauntukPembelajaranFisikMotorikKasarAnakKelompokBDiRaudhatulAthfal.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HeruWidijotoM.S.(2)Dra.HartiKartiniM.Pd.KatakuncipengembanganpermainansirkuitfisikmotorikPAUDKegiatanuntukmengembangkanfisikmotorikkasarharusdilakukandiTK.Namunpadakenyataannyapembelajaranfisikmotorikkasaryangdilakukanhanyasenam.Melihatkenyataanyangadamakaperludikembangkansuatuprodukpermainanyangterdiridariserangkaiankegiatanyangmenyenangkanbagianakdanmudahdilakukanolehanak.Produkyangdikembangkanadalahberupapermainansirkuitdandiberinamasirkuitrotanceria.Penelitiandanpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukpermainansirkuitrotanceriauntukpembelajaranfisikmotorikkasaryangmemenuhipersyaratankemenarikankesenangankemudahandankeamananmenurutparaahli.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandanpengembangandenganmodelpenelitianproseduralolehBorgGall.Namundalampenelitianinihanyamengikuti7langkahdari10langkaholehBorgGallyaitumelakukan1)penelitiandanpengumpulaninformasi2)perencanaandilanjutkanevaluasiahli3)pengembanganprodukawal4)ujicobakelompokkecil5)revisiproduk6)ujilapangan/ujicobakelompokbesardan7)revisiprodukakhir.Datadiperolehdariparaahliyaituahlipermainanahlifisikmotorikkasardanahlipendidikananakusiadini.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanberupaangketdanlembarobservasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Hasilpenilaiandariparaahlidinyatakanbahwaprodukyangdihasilkan(1)846%dinyatakansesuaiolehahlipermainandengankriteriasangatvalid(2)95%dinyatakansesuaiolehahlifisikmotorikkasardengankriteriasangatvalid(3)95%dinyatakansesuaiolehahlipendidikananakusiadinidengankriteriasangatvalid.Padaujikelompokkecildinyatakan(1)861%sesuaiaspekkemudahananakmelakukanaktivitas(2)100%sesuaiaspekkesenangananakmelakukanaktivitas(3)100%sesuaiaspekkeamanananakmelakukanaktivitas.Sedangkanujicobakelompokbesardinyatakan(1)972%sesuaiaspekkemudahananakmelakukanaktivitas(2)100%sesuaiaspekkesenangananakmelakukanaktivitas(3)988%sesuaiaspekkeamanananakmelakukanaktivitas.BerdasarkanhasilpenelitiandanpengembangandapatdisimpulkanbahwapermainansirkuitrotanceriaefektifkarenamudahdilakukananakmenyenangkandantidakberbahayabagianaksehinggalayakdigunakansebagaisalahsatualternatifpembelajaranfisikmotorikkasaranakkelompokB.Beberapahalyangdisarankanyaitu(1)guruharusmenyampaikanaturanpermainandiawaldan(2)guruperlumendampingidanmemberikancontohsehinggaanakmampumenirusetiapkegiatandenganbaik.