Peningkatan kemampuan motorik kasar melompat melalui permainan Engklek pada anak Kelpmpok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Ofsi Nova Lindariana

Main Author: Lindariana, Ofsi Nova
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8218/
Daftar Isi:
  • LindarianaOfsiNova.2015.PeningkatanKemampuanMotorikKasarMelompatMelaluiPermainanEngklekpadaAnakKelompokATKPGRISrengatKabupatenBlitar.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasarDanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.LilikBintartikM.Pd(2)SuwartiS.Pd.M.PdKatakuncimotorikkasarmelompatpermainanengklek1228812288122881228812288122881228812288BerdasarkanhasilobservasidikelompokATKPGRISrengatKabupatenBlitarpadaperkembanganmotorikkasarmelompatanakmengalamikesulitanpadaaspekkeseimbanganketepatandankelincahan.Penyebabnya(1)gurutidakmenggunakanmediapembelajaranyangmenarik(2)nuansabermainbagianakkurangoptimal(3)aktivitasbelajarmasihmenggunakanLKSyangmembosankanbagisiswa.Haltersebutmengakibatkankemampuanmotorikkasarmelompatkhususnyapadaaspekperkembangankeseimbanganketepatandankelincahananakrendah.Dari15siswahanya3anakyangmemperolehnilaituntasdenganpersentasesebesar20%.Carayangdipilihuntukmengatasimasalahtersebutdenganpenerapanpermainanengklek.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpermainanengklekuntukmeningkatkankemampuanmotorikkasarmelompatpadaanakkelompokATKPGRISrengatdanuntukmendeskripsikanpeningkatankemampuanmotorikkasarmelompatmelaluipermainanengklekpadaanakkelompokATKPGRISrengat.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakandalamduasiklustiapsiklusterdiridariduakalipertemuanmasing-masingterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahanakkelompokA.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasicatatanlapangandandokumentasi.Padapenelitianinidatadianalisisdenganmenggunakandatakualitatifdandatakuantitatif.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpermainanengkleksudahbaik.Gurudapatmengembangkanmodelpembelajaranyanglebihbervariatifaktifdanmenyenangkan.Halinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajaranaknilairata-ratapadapratindakan478.SetelahdilaksanakansiklusInilairata-ratameningkat675dansiklusIImengalamipeningkatanmenjadi85.KetuntasanbelajaranakmeningkatdarisiklusIpertemuan2533%padasiklusIIpertemuan2meningkat867%dari15anak2yangbelumtuntas.12288122881228812288DengandemikiandapatdisimpulkanpenerapanpermainanengklekdikelompokATKPGRISrengatdapatmeningkatkanaktifitasanakdankemampuanmotorikkasarmelompatpadaanak.Olehkarenaitudisarankanbagigurumenerapkanpermainanengklekdalampembelajaranagarperkembanganmotorikkasaranakdapatberkembanglebihoptimal.