Peningkatan kemampuan kognitif melalui permaian Roda Putar pada anak Kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar / Nurul Chotimah
Main Author: | Chotimah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8217/ |
Daftar Isi:
- ChotimahNurul.2015.PeningkatanKemampuanKognitifMelaluiPermainanRodaPutarPadaAnakKelompokAdiTKPKK01SentulKotaBlitar.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahdanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.HadiMustofaM.Pd(2)RetnoTriWulandariS.Pd.M.Pd.KataKuncikemampuankognitifpermainanrodaputar.1228812288122881228812288PadaobservasiyangdilakukandiTKPKK01SentulKotaBlitarmenemukanbahwakemampuankognitifanakbelumberkembangsecaraoptimal.Penyebabdarikemampuankognitifyangkurangoptimalyaitu(1)mediayangdigunakanselamapembelajarankurangmenarik(2)gurulebihseringmenggunakanmetodeceramah(3)anaklebihmudahmerasabosan.Berdasarkanhasilobservasiditemukanbahwadari21anakterdapat13atau(619%)anakmengalamaikesulitandalamkemampuanmengenalkonsepbilangan1-10.Hanya8anak(381%)yangmampumengenalkonsepbilangan1-10.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mendiskripsikanpenerapanpermainanRodaPutaruntukmeningkatkankemampuankognitifanakkelompokAdiTKPKK01SentulKotaBlitar(2)mendiskripsikanpeningkatanpermainanRodaPutarkemampuankognitifanakkelompokAdiTKPKK01SentulKotaBlitar.1228812288122881228812288RancanganpenelitianyangdigunakanpadaPenelitianTindakanKelas(PTK).PadaPTKinimenggunakanduakalisiklusyaitusiklusIdansiklusII.Setiapsiklusterdiridaribeberapatahapanyaituperencanaanpelaksanaanpengamatan(observasi)danrefleksi.SubjekpenelitianyaituanakkelompokAusia4-5tahundiTKPKK01SentulBlitar.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahobservasidokumentasidancatatanlapangan.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahdeskriptifkualitatifdankuantitatif.1228812288122881228812288Hasildaripenelitianmenunjukkanbahwamelaluipenerapanpermainanrodakegiatanpembelajaranmenjadilebihmaksimalsebabanakmenjadilebihaktifdalamkegiatanpembelajaranyangakanmenjadikananaklebhmudahmembilangkonsepbilangan1-10.Haltersebutditunjukkandenganadanyapeningkatankemampuankognitifdalammembilangkonsepbilangan1-10daripratindakansebesar381%padasiklusImenjadi499%danpadasiklusIImeningkatmenjadi856%.1228812288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamelaluipenerapanpermainanrodaputardapatmeningkatkankemampuankognitifpadakelompokAdiTKPKKSentul01KotaBlitar.Saranyangdiberikanberdasarkanhasilpenelitiansebagaiberikut(1)bagisekolahdiharapkanpihaksekolahmampumemberikanrangsangandenganmenerapkanpermainanrodaputardanpermiananlainnyayangmenyenangkandalamkegiatanpembelajaran(2)bagiguruhendaknyagurumencobapermainanrodaputardalammeningkatkankemampuankognitifanakdalammengenalkonsepbilangan1-10.