Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media bantal cerita pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar / Yuni Indarwati
Main Author: | Indarwati, Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8194/ |
Daftar Isi:
- IndarwatiYuni.2015.PeningkatanKemampuanBerbahasamelaluiMediaBantalCeritapadaAnakKelompokATKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS1PGPAUDFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AlifMudionoM.Pd(II)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd.KataKuncikemampuanberbahasamediabantalceritaKemampuanberbahasaanakdiTKAl-Hidayah01Tawangrejokurangberkembang.Haliniterbuktiketikaanakditunjukuntukberceritaanakkurangmenunjukkanketertarikanterhadapkegiatanberceritadanterkesanmalu-malu.Anakjugamengalamikesulitandalammengungkapkanpendapatnya.Faktoryangmenyebabkanpermasalahantersebutadalahkurangnyarasapercayadiripadaanakkurangnyakeberaniananakuntukmengemukakanapayangingindisampaikankurangtersedianyamediayangmenarikdanmetodepembelajaranyangdigunakangurukurangbervariasi.Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)bagaimanapenerapanmediabantalceritadalamupayameningkatkankemampuaanbahasapadakelompokAdiTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitardan(2)apakahpenerapanmediabantalceritadapatmeningkatkankemampuanbahasapadaanakkelompokAdiTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitar.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas.PenelitiandilaksanakanmelaluitahappratindakandantahaptindakansiklusIdansiklusII.Setiaptahapterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Masing-masingsiklusdilaksanakandengan2kalipertemuan.SubjekpenelitianadalahgurudananakkelompokAdenganjumlah19anak.Pengumpulandatameliputiteknikpengumpulandatadaninstrumenpengumpulandata.Teknikpengumpulandatameliputiteknikobservasidokumentasidancatatanlapangan.Instrumenpengumpulandataterdiridarilembarobservasiaktivitasgurulembarobservasikemampuanberceritaanakdanlembarcatatanlapangan.PenerapanmediabantalceritadapatmeningkatkankemampuanbahasaanakkelompokATKAl-Hidayah01Tawangrejo.Datahasilpenelitianyangdiperolehmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanpadamasing-masingsiklus.PersentaseketuntasanpadasiklusIsebesar19%padasiklusIImenjadi83%danmasukdalamkategoriketuntasanyangbaikdenganpersentase75-84%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmediabantalceritadapatmeningkatkankemampuanbahasaanakkelompokA.Berkaitandenganhasilpenelitianyangdiperolehmakasarandaripenulisbagiguruyaitusebaiknyagurumengembangkankreativitasnyadalammerancangmediayangmenarikbagianakdanmemilihkegiatanyangdapatmemotivasianak.