Peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan sirkuit pas mantap pada anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Lutfi Najib

Main Author: Najib, Lutfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8188/
Daftar Isi:
  • NajibLutfi.2015.PeningkatanKemampuanFisikMotorikAnakmelaluiPermainanSirkuitPasMantappadaAnakKelompokB2diTKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SutansiM.Pd(2)PramonoS.Pd.M.Or.KataKuncikemampuanfisikmotorikpermainansirkuitpasmantapBerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidiTKDharmaWanita02KedawungKabupatenBlitarkhususnyadiKelompokB2anakmengalamikesulitanpadaaspekfisikmotorik.Kesulitanyangdialamianakantaralainpadakemampuankecepatankekuatankeseimbangandankekuatan.Penyebabdarikesulitantersebutadalahpembelajaranyangdilakukankurangbervariasimediapembelajaranyangdigunakankurangmenarikkegiatanpembelajaranfisikmotorikdiluarkelaskhususnyamotorikkasardangurukurangmengoptimalkankegiatan.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpenerapanpermainansirkuitpasmantapdalammeningkatkankemampuanfisikmotorikanakpadakelompokB2danuntukmendiskripsikanpeningkatankemampuanfisikmotorikpadakelompokB2TKDhramaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitardenganmenggunakanpermainansirkuitpasmantap.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianadalahanakKelompokB2diTKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitaryangberjumlah12anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Penelitiandilakukansebanyakduasiklusmelaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Datadianalisisdenganmenggunakandatakualitatifdandatakuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpermainansirkuitpasmantapsudahbaik.Gurudapatmengembangkanmodelpembelajaranyanglebihbervariasiaktifdanmenyenangkankarenakegiatantersebutdilaksanakandiluarkelas.HalinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajarpadakelompokB2TKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitaryangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan625.SetelahdilaksanakansiklusInilairata-ratameningkat7345dansiklusIInilairata-ratamengalamipeningkatanmenjadi8672dari12anaksemuamengalamiketuntasanbelajarsesuaidenganharapan.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainansirkuitpasmantapsudahsangatbaikhalinidiikutidenganpeningkatanyangterjadipadakemampuanfisikmotorikanakmengalamipeningkatandarikategorikurangpadapratindakandanmenjadisangatbaikpadasiklusII.Saranyangdikemukakandiharapkangurudansekolahmemberikankesempatankepadaanakuntukbelajardiluarkelasdanmemanfaatkanmediayangmenarikpraktistidakberbahayasertasesuaidengankebutuhananaksehinggaperkembangananakdapatberjalansecaraoptimal.