Peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan sirkuit pas mantap pada anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Lutfi Najib
Main Author: | Najib, Lutfi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8188/ |
Daftar Isi:
- NajibLutfi.2015.PeningkatanKemampuanFisikMotorikAnakmelaluiPermainanSirkuitPasMantappadaAnakKelompokB2diTKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SutansiM.Pd(2)PramonoS.Pd.M.Or.KataKuncikemampuanfisikmotorikpermainansirkuitpasmantapBerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidiTKDharmaWanita02KedawungKabupatenBlitarkhususnyadiKelompokB2anakmengalamikesulitanpadaaspekfisikmotorik.Kesulitanyangdialamianakantaralainpadakemampuankecepatankekuatankeseimbangandankekuatan.Penyebabdarikesulitantersebutadalahpembelajaranyangdilakukankurangbervariasimediapembelajaranyangdigunakankurangmenarikkegiatanpembelajaranfisikmotorikdiluarkelaskhususnyamotorikkasardangurukurangmengoptimalkankegiatan.PenelitianinibertujuanuntukmendiskripsikanpenerapanpermainansirkuitpasmantapdalammeningkatkankemampuanfisikmotorikanakpadakelompokB2danuntukmendiskripsikanpeningkatankemampuanfisikmotorikpadakelompokB2TKDhramaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitardenganmenggunakanpermainansirkuitpasmantap.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenispenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianadalahanakKelompokB2diTKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitaryangberjumlah12anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.Penelitiandilakukansebanyakduasiklusmelaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Datadianalisisdenganmenggunakandatakualitatifdandatakuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpermainansirkuitpasmantapsudahbaik.Gurudapatmengembangkanmodelpembelajaranyanglebihbervariasiaktifdanmenyenangkankarenakegiatantersebutdilaksanakandiluarkelas.HalinidapatdibuktikandenganadanyapeningkatanhasilbelajarpadakelompokB2TKDharmaWanita02KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitaryangditunjukkandengannilairata-ratapadapratindakan625.SetelahdilaksanakansiklusInilairata-ratameningkat7345dansiklusIInilairata-ratamengalamipeningkatanmenjadi8672dari12anaksemuamengalamiketuntasanbelajarsesuaidenganharapan.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanpermainansirkuitpasmantapsudahsangatbaikhalinidiikutidenganpeningkatanyangterjadipadakemampuanfisikmotorikanakmengalamipeningkatandarikategorikurangpadapratindakandanmenjadisangatbaikpadasiklusII.Saranyangdikemukakandiharapkangurudansekolahmemberikankesempatankepadaanakuntukbelajardiluarkelasdanmemanfaatkanmediayangmenarikpraktistidakberbahayasertasesuaidengankebutuhananaksehinggaperkembangananakdapatberjalansecaraoptimal.