Hubungan antara komunikasi interpersonal guru dan motivasi belajar anak dengan hasil belajar anak Kelompok A TK Tunas Karya Wuluh Kesamben Jombang / Yeni Evita Sari

Main Author: Sari, Yeni Evita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8185/
Daftar Isi:
  • SariYeniEvita.2015.HubunganantaraKomunikasiInterpersonalGurudanMotivasiBelajarAnakterhadapHasilBelajarAnakKelompokATKTUNASKARYAWuluhKesambenJombang.SkripsiProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SutrisnoS.Pd.M.Pd.(2)MuhArafikS.Pd.M.Pd..KataKunciHasilbelajarmotivasikomunikasiinterpersonalTinggirendahnyahasilbelajaranakdiTKdipengaruhiolehfaktordaridalamdandariluaranak.Salahsatufaktoryangberpengaruhadalahkomunikasiinterpersonaldanmotivasibelajaranak.AdapunalasanpenelitimelaksanakanpenelitiandiTKtersebutkarenabelumterungkapnyabentukkomunikasiinterpersonalgurudiTKTunasKaryamotivasianakdalambelajardanhasilbelajaranaksertakomunikasiinterpersonalyangdilakukanolehgurudanmotivasibelajaranakdidugamemilikihubunganyangpositifdansignifikanterhadaphasilbelajaranak.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbeberapahaldiantaranyamendiskripsikankomunikasiinterpersonalgurumotivasibelajaranakdanhasilbelajaranakmengungkaphubungankomunikasiinterpersonalguruterhadaphasilbelajarmengungkaphubunganmotivasibelajardenganhasilbelajarmengungkaphubungankomuniksiinterpersonaldanmotivasibelajarterhadaphasilbelajaranakdiTKTunasKaryaWuluhKesambenJombang.12288122881228812288PenelitianinidilakukanpadaanakkelompokATKTunasKaryaWuluhKesambenJombangsejumlah70anak.Teknikpengambilansampeldilakukandenganmenggunakantotalsampling.Desainrancanganpadapenelitianiniadalahpenelitianasosiatifyangbersifatexpostfacto.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangketdandokumentasinilai.TeknikanalisisdatamenggunakankorelasiparsialdanregresigandadenganbantuanprogramSPSS17.Hasilpenelitianiniadalah(1)KomunikasiInterpersonalGuruberadadalamkategoritinggi(2)motivasibelajaranakberadadalamkategoritinggi(3)hasilbelajaranakberadadalamkategoritinggi(4)AdahubunganpositifdansignifikanantarakomunikasiinterpersonalgurudenganhasilbelajaranakkelompokAdengankoefisienkorelasi0447sehinggaberadapadaindekskorelasisedang(5)Adahubunganpositifdansigifikanantaramotivasibelajardenganhasilbelajardengannilaikoefisienkorelasi0566sehinggaberadapadakorelasisedang(6)AdahubunganpositifdansignifikanantarakomunikasiinterpersonalgurudanmotivasibelajaranakterhadaphasilbelajaranakkelompokAdengankoefisienregresi0654dansumbanganefektif4278%.KesimpulandaripenelitianiniadalahterdapathubunganantarakomunikasiinterpersonalgurudanmotivasibelajaranakdenganhasilbelajaranakkelompokATKTunasKaryaWuluhKesambenJombang.