Pengembangan model permainan kotak pintar untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Bumi Darun Najah Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Nadiroh

Main Author: Nadiroh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8183/
Daftar Isi:
  • Nadiroh.2015.PengembanganModelPermainanKotakPintaruntukmengembangkankemampuanKognitifAnakusia4-5tahundiPAUDBumiDarunNajahJatirejoKecamatanLekokKabuaptenPasuruan.SkripsiProdiPG-PAUD.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SaichudinM.Kes(II)Drs.SutrisnoS.PdM.PdKataKunciPengembanganpermainankotakpintarpembelajarankognitif.12288122881228812288PermainanKotakPintarmerupakansuatupermainanyangterdiridari2posuntukmengembangkankemampuankognitifanak.Setiapposbertujuanuntukmeningkatkanaspekperkembangankognitifanakusiadini.BerdasarkanhasilobservasipadabulanJanuaridiPAUDBumiDarunNajahPasuruananakusia4-5tahunada34%(12anak)telahmencapaiketuntasandalampembelajarankognitif66%(23anak)lainnyabelumtuntasdankurangdari50%anakyangantusiashalinidisebabkankarenaguruhanyamenggunakanlembarkerjadanbukutulisyangmembuatanakkurangbersemangat.PenggunaanpermainankotakpintardalampembelajaranbelumpernahdilakukandiPAUDdangurusangatsetujuuntukdiadakan.12288122881228812288Tujuanpenelitiandanpengembanganadalah1)menghasilkanprodukberupapermainankotakpintaryangvalidyangdisertaidenganbukupanduankotakpintar2)menghasilkanprodukberupapermainankotakpintaryangmudahdilakukanolehanakusia4-5tahun3)menghasilkanprodukberupapermainankotakpintaryangmenyenangkanbagianakusia4-5tahundan4)menghasilkanprodukberupapermainankotakpintaryangamandilakukanolehanakusia4-5tahun.12288122881228812288ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangandariBorgandGall.Langkah-langkahyangdilakukanantaralain(1)penelitianawaldanpengumpulandata(researchandinformationcollecting)(2)perencanaan(planning)(3)pengembangandrafproduk(4)ujicobalapanganawal(kelompokkecil)(5)merevisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(kelompokbesar)dan(7)penyempurnaanprodukhasilujilapangan.Instrumenyangdigunakanberupalembarobservasidankuesioneruntukparaahlisubyekujicobakelompokkecildanujilapangan(kelompokbesar).Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahdeskriptifkuantitatifpersentase.12288122881228812288Hasilkeseluruhandariujicobakelompokkecilmendapatkanprosentaserata-ratasebesar972%padaanakusia4-5tahun.Padaujikelompokbesarmendapatkanpersentasesebesar988%denganpemaindarikelompokanakyangberusia4-5tahunsehinggaprodukpermainanKotakPintardapatdigunakansebagaisalahsatualternatifprodukpembelajarankognitif.12288122881228812288KesimpulanpenelitiandanpengembanganprodukpermainanKotakPintardalampembelajarankognitifadalahmudahmenyenangkandanamanbagianak.Disarankanagarmediainidapatdigunakansebagaisalahsatualternatifdalamprosespembelajarankognitifolehguru.