Upaya guru Taman Kanan-Kanak dalam melakasanakan pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi potensi kreatif anak / Izzatun Nafsi
Main Author: | Nafsi, Izzatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8178/ |
Daftar Isi:
- NafsiIzzatun.2015.UpayaGuruTamanKanak-kanakdalamMelaksanakanPembelajaranyangEfektifUntukMenstimulasiPotensiKreatifAnak.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.PdM.Pd(II)Dra.HartiKartiniM.PdKatakunciGuruTamanKanak-kanakPembelajaranEfektifPotensiKreatif.Potensikreatifpadadasarnyadimilikiolehsetiapanakdanperlustimulasiuntukmengembangkannyasecaraoptimal.HasilpengamatanyangdilakukandiTKKartikaIX-41Malangdiketahuibahwapembelajaranmasihmengutamakankegiatanbacatulisdanhitung.Kegiatanpembelajaranmasihmenggunakanmediayangsamasetiapharihalinimembuatanaklebihsukamengobroldengantemannyameletakkankepaladiatasmejadanbermaindengankursinya.Fokuspenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakupupayagurutamankanak-kanakdalammenstimulasipotensikreatifanakdankegiatanpembelajaranyangefektifbagigurutamankanak-kanakdalammenstimulasipotensikreatifanak.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitiandiperolehdariTKKartikaIX-41MalangTKKartikaIV-1MalangTKNegeriPembina2MalangdanTKLaboratoriumUM.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidanwawancaradenganpenelitisebagaiinstrumenutama.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandengantriangulasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulanatauverifikasi.Berdasarkananalisistersebutdiperolehhasilbahwabeberapaupayayangtelahdilakukangurudalammenstimulasipotensikreatifanakdenganmemberikankebebasankepadaanakkegiataneksplorasilingkungankegiatansenidanumpanbalikbaikberupapujiansenyumandanrasapenghargaanterhadaphasilyangdiberikananak.Beberapakegiatanyangtelahdilakukanolehgurutersebutmasihbelumdisadariolehgurubahwahaltersebutmampumenstimulasipotensikreatifanak.Kesimpulandalampenelitianiniadalahpemahamanguruyangcukupbaikmengenaikreativitasmasihbelumditerapkanpadakegiatanpembelajaransecaramaksimal.Dengandemikiandisarankankepadagurutamankanak-kanakagarmenyadaripentingnyapengembangankreativitaskepadaanaklebihmemperdalampemahamanmengenaikreativitasdandapatmenerapkannyadalamkegiatanpembelajaransehari-haridenganlebihoptimal.