Upaya guru Taman Kanan-Kanak dalam melakasanakan pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi potensi kreatif anak / Izzatun Nafsi

Main Author: Nafsi, Izzatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8178/
Daftar Isi:
  • NafsiIzzatun.2015.UpayaGuruTamanKanak-kanakdalamMelaksanakanPembelajaranyangEfektifUntukMenstimulasiPotensiKreatifAnak.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.PdM.Pd(II)Dra.HartiKartiniM.PdKatakunciGuruTamanKanak-kanakPembelajaranEfektifPotensiKreatif.Potensikreatifpadadasarnyadimilikiolehsetiapanakdanperlustimulasiuntukmengembangkannyasecaraoptimal.HasilpengamatanyangdilakukandiTKKartikaIX-41Malangdiketahuibahwapembelajaranmasihmengutamakankegiatanbacatulisdanhitung.Kegiatanpembelajaranmasihmenggunakanmediayangsamasetiapharihalinimembuatanaklebihsukamengobroldengantemannyameletakkankepaladiatasmejadanbermaindengankursinya.Fokuspenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbeberapahalyangmencakupupayagurutamankanak-kanakdalammenstimulasipotensikreatifanakdankegiatanpembelajaranyangefektifbagigurutamankanak-kanakdalammenstimulasipotensikreatifanak.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.DatapenelitiandiperolehdariTKKartikaIX-41MalangTKKartikaIV-1MalangTKNegeriPembina2MalangdanTKLaboratoriumUM.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidanwawancaradenganpenelitisebagaiinstrumenutama.Untukmenjagakeabsahandatadilakukandengantriangulasi.Kegiatananalisisdatadimulaidaritahapreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulanatauverifikasi.Berdasarkananalisistersebutdiperolehhasilbahwabeberapaupayayangtelahdilakukangurudalammenstimulasipotensikreatifanakdenganmemberikankebebasankepadaanakkegiataneksplorasilingkungankegiatansenidanumpanbalikbaikberupapujiansenyumandanrasapenghargaanterhadaphasilyangdiberikananak.Beberapakegiatanyangtelahdilakukanolehgurutersebutmasihbelumdisadariolehgurubahwahaltersebutmampumenstimulasipotensikreatifanak.Kesimpulandalampenelitianiniadalahpemahamanguruyangcukupbaikmengenaikreativitasmasihbelumditerapkanpadakegiatanpembelajaransecaramaksimal.Dengandemikiandisarankankepadagurutamankanak-kanakagarmenyadaripentingnyapengembangankreativitaskepadaanaklebihmemperdalampemahamanmengenaikreativitasdandapatmenerapkannyadalamkegiatanpembelajaransehari-haridenganlebihoptimal.