Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan media "alphabet pillow" pada kelompok B TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar / Erlina Novitasari
Main Author: | Novitasari, Erlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8177/ |
Daftar Isi:
- NovitasariErlina.2015.PeningkatanKemampuanMembacaPermulaanmelaluiPemanfaatanMediaAlphabetPillowpadaKelompokBTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKSDPProgramStudiS1PGPAUDFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SutansiM.Pd(II)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KataKuncimembacapermulaanmediaalphabetpillowBerdasarkanpengamatankegiatanpembelajaranyangdilakukanolehpenelitipadaanakkelompokBdiTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitardari26anakterdapat6anak(23%)yangsudahmampumembacadenganbenar5anak(19%)sudahmampumembacanamunmasihtersendat-sendatdan15anak(58%)yangmegalamikesulitandalammembaca.Penyebabdarikesulitanmembacaadalahkurangmenariknyamediayangdigunakankarenahanyamenggunakanpapantulismetodepembelajaranyangdigunakankurangbervariasikonsentrasianakyangmasihmudahtergangguanakmerasabosanbelajardidalamkelas.Tujuandaripenelitianiniyaitu1)mendeskripsikanpemanfaatanmediaalphabetpillowuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaanpadakelompokBTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitar2)mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacapermulaanmelaluipemanfaatanmediaalphabetpillowpadakelompokBTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas.SubjekpenelitianadalahanakkelompokBTKAl-Hidayah01TawangrejoKabupatenBlitaryangberjumlah26anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapanganselamaprosespembelajaran.Penelitianinidilakukansebanyakduasiklusmelaluitahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Padapenelitianinidatadianalisisdenganmenggunakandatakualitatifdandatakuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)pemanfaaanmediaalphabetpillowdilakukangurudananakdengansangatbaik.Langkahpemanfaatanmediaalphabetpillowyangdilakukanguruyaitua)menyiapkanmediab)mengacakhurufc)membagi3kelompokd)menjelaskanmediapembelajarane)memanggilanakuntukmenyusunhurufdanmembacaf)mengevaluasihasilbelajarg)memberikanpujian.2)terjadipeningkatankemampuanmembacapermulaanyangmeliputikemampuanpelafalanintonasidankelancaranmembaca.HalinidiketahuidarihasilpenelitianmembacapermulaanpadasiklusInilairata-ratamencapai4425%dansiklusIImengalamipeningkatanmenjadi846%dari26anakada24anakyangtuntassedangkan2anakyangbelumtuntaskarenakurangnyarasapercayadiridansosialisasidenganoranglain.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapemanfaatanmediaalphabetpillowdilakukandengansangatbaikdandapatmeningkatkankemampuanmembacapermulaan.Saranyangdikemukakandiharapkangurudapatmemanfaatkanmediaalphabetpillowuntuklebihmeningkatkankemampuanmembacapermulaananaksecaraoptimal.