Analisis pola pendidikan ekonomi dalam keluarga petani Desa Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun / Puput Dwi Oktasari

Main Author: Oktasari, Puput Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/81769/
Daftar Isi:
  • iiABSTRAKOktasariPuputDwi.2019.AnalisisPolaPendidikanEkonomiKeluargaPetanidiDesaMetesihKecamatanJiwanKabupatenMadiun.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingRoufahInayatiS.PdM.Pd.KataKunciPolaPendidikanPendidikanEkonomiKeluargaPetaniPerkembanganteknologibanyakmelahirkantokoonlinedenganpenawarandiskondaniklanyangmendorongkonsumenuntukmelakukankonsumsi.Generasimudasaatinimudahtergiurdiskondaniklandaritokoonlinetersebutsehinggamenyebabkanmerekacenderungberperilakukonsumtif.Olehkarenaitudibutuhkanperanorangtuauntukmemberikanpendidikanekonomibagigenerasi.Masing-masingorangtuatentumemilikipolapendidikanekonomiyangberbeda.Polapendidikanyangberbedadidalamlingkungankeluargadipengaruhiolehbeberapafaktor.Masalahekonomibagikeluargapetanisangatpenting.Merekaharusmengertibagaimanadenganpendapatanyangdiperolehsetiapkalipanendapatmencukupikebutuhananggotakeluarga.Merekajugaharusmenerapkanpendidikanekonomikepadaanak-anaknyaagartidakberperilakukonsumtifdandapatmelakukankonsumsisecararasional.FokuspenelitianiniadalahmenganalisispolapendidikanekonomidalamkeluargapetanidiDesaMetesihKecamatanJiwanKabupatenMadiunPenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Subyekpenelitiandipilihdenganmenggunakanteknikpurposivesampling.Metodeyangdigunakandalampengumpulandataadalahmetodeobservasiwawancaradandokumentasi.Semuadatayangterkumpulkemudiandianalisismelaluireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Selanjutnyadilakukanpengecekankeabsahandatamelaluitriangulasisumberdantriangulasiteknikagartemuandatapenulisdapatdinyatakankredibel.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapolapendidikanekonomiyangditerapkandalamkeluargapetanibervariasi.Merekamemberikancontohpenerapanpendidikanekonomikepadaanakmelaluipengalokasianpenghasilanberdasarkanskalaprioritaskebutuhan.Merekajugamemberikancontohmelaluiperencanaankeuanganuntukkebutuhandimasayangakandatang.Merekajugamemberikanteladankepadaanakdenganmemanfaatkanpeluangusahadiluarbertaniuntukmenambahsumberpenghasilan.Selainitumerekamenerapkanhiduphematdankebiasaanmenabungmelaluipemberiannasehatdanarahanagarcermatdanberhati-hatidalammembelanjakanuangsakumemberikanpemahamankepadaanakterkaittujuandanpentingnyamenabungsertamemberikancontohsikaphematdankebiasaanmenabungdidalamkehidupansehari-hari.Polapendidikanekonomiyangdigunakanorangtuadalammenerapkanhiduphematdankebiasaanmenabungmeliputipolapendidikandemokratispolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanotoriterdanpolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanmemanjakan.Selainituorangtuadarikeluargapetanimengontrolkonsumsianakdenganmemberikanpemahamankepadaanakterkaitkeadaankeuangandanpekerjaanorangtua.iiiOrangtuajugamemberikanpertimbangankonsumsisecararasionalkepadaanak.Selainituorangtuajugamengontrolkonsumsianakmelaluipertanyaanapakahuangsakuyangditerimaanakmasihatauhabisdanbertanyaterkaitpenggunaanuangsakuanak.Polapendidikanekonomiyangdigunakanorangtuadalammengontrolkonsumsianakmeliputipolapendidikandemokratisdanpolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanmemanjakan.