Analisis pola pendidikan ekonomi dalam keluarga petani Desa Metesih Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun / Puput Dwi Oktasari
Main Author: | Oktasari, Puput Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/81769/ |
Daftar Isi:
- iiABSTRAKOktasariPuputDwi.2019.AnalisisPolaPendidikanEkonomiKeluargaPetanidiDesaMetesihKecamatanJiwanKabupatenMadiun.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingRoufahInayatiS.PdM.Pd.KataKunciPolaPendidikanPendidikanEkonomiKeluargaPetaniPerkembanganteknologibanyakmelahirkantokoonlinedenganpenawarandiskondaniklanyangmendorongkonsumenuntukmelakukankonsumsi.Generasimudasaatinimudahtergiurdiskondaniklandaritokoonlinetersebutsehinggamenyebabkanmerekacenderungberperilakukonsumtif.Olehkarenaitudibutuhkanperanorangtuauntukmemberikanpendidikanekonomibagigenerasi.Masing-masingorangtuatentumemilikipolapendidikanekonomiyangberbeda.Polapendidikanyangberbedadidalamlingkungankeluargadipengaruhiolehbeberapafaktor.Masalahekonomibagikeluargapetanisangatpenting.Merekaharusmengertibagaimanadenganpendapatanyangdiperolehsetiapkalipanendapatmencukupikebutuhananggotakeluarga.Merekajugaharusmenerapkanpendidikanekonomikepadaanak-anaknyaagartidakberperilakukonsumtifdandapatmelakukankonsumsisecararasional.FokuspenelitianiniadalahmenganalisispolapendidikanekonomidalamkeluargapetanidiDesaMetesihKecamatanJiwanKabupatenMadiunPenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Subyekpenelitiandipilihdenganmenggunakanteknikpurposivesampling.Metodeyangdigunakandalampengumpulandataadalahmetodeobservasiwawancaradandokumentasi.Semuadatayangterkumpulkemudiandianalisismelaluireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Selanjutnyadilakukanpengecekankeabsahandatamelaluitriangulasisumberdantriangulasiteknikagartemuandatapenulisdapatdinyatakankredibel.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapolapendidikanekonomiyangditerapkandalamkeluargapetanibervariasi.Merekamemberikancontohpenerapanpendidikanekonomikepadaanakmelaluipengalokasianpenghasilanberdasarkanskalaprioritaskebutuhan.Merekajugamemberikancontohmelaluiperencanaankeuanganuntukkebutuhandimasayangakandatang.Merekajugamemberikanteladankepadaanakdenganmemanfaatkanpeluangusahadiluarbertaniuntukmenambahsumberpenghasilan.Selainitumerekamenerapkanhiduphematdankebiasaanmenabungmelaluipemberiannasehatdanarahanagarcermatdanberhati-hatidalammembelanjakanuangsakumemberikanpemahamankepadaanakterkaittujuandanpentingnyamenabungsertamemberikancontohsikaphematdankebiasaanmenabungdidalamkehidupansehari-hari.Polapendidikanekonomiyangdigunakanorangtuadalammenerapkanhiduphematdankebiasaanmenabungmeliputipolapendidikandemokratispolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanotoriterdanpolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanmemanjakan.Selainituorangtuadarikeluargapetanimengontrolkonsumsianakdenganmemberikanpemahamankepadaanakterkaitkeadaankeuangandanpekerjaanorangtua.iiiOrangtuajugamemberikanpertimbangankonsumsisecararasionalkepadaanak.Selainituorangtuajugamengontrolkonsumsianakmelaluipertanyaanapakahuangsakuyangditerimaanakmasihatauhabisdanbertanyaterkaitpenggunaanuangsakuanak.Polapendidikanekonomiyangdigunakanorangtuadalammengontrolkonsumsianakmeliputipolapendidikandemokratisdanpolapendidikansituasionalyangmenggabungkanantarapolapendidikandemokratisdanmemanjakan.