Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dewi Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/81743/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANRahmawatiDewi.2019.PengaruhPersepsiSiswatentangModelPembelajaranGurudanMinatBerwirausahaterhadapHasilBelajarMataPelajaranKewirausahaanSiswaKelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKuncipersepsimodelpembelajaranminatberwirausahahasilbelajarmatapelajarankewirausahaanHasilbelajarmatapelajarankewirausahaandigunakansebagaiukuranuntukmengetahuiseberapajauhsiswamemahamimaterikewirausahaanyangdiajarkanolehguru.Hasilbelajarmatapelajarankewirausahaantersebutdapatdipengaruhiolehbeberapafaktorsepertipersepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausaha.Makaperludilakukanpenelitianmengenaihasilbelajarmatapelajarankewirausahaan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhpersepsisiswatentangmodelpembelajaranguruterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang(2)pengaruhminatberwirausahaterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalangdan(3)pengaruhpersepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausahaterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodeeksplanasi.Jumlahpopulasidalampenelitianinisebanyak241siswasedangkanjumlahsampelyangdigunakanadalah150siswayangdiambildenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketdanteshasilbelajar.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganprogramIBMSPSSStatistics25.Berdasarkanhasilanalisismakadapatditariksimpulanbahwa(1)persepsisiswatentangmodelpembelajaranguruberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang(2)minatberwirausahaberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalangdan(3)persepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausahaberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Didalampenelitianinipenulismemberikansarankepada(1)gurukewirausahaanagarmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasidansesuaidenganmateripembelajaransertakondisisiswadidalamkelasdenganmenggunakanalatdanmediapembelajaranyangmenarik(2)sekolahuntuklebihseringmenyelenggarakanacarayangberkaitandengankewirausahaandan(3)penelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitianmengenaifaktor-faktorlainyangmempengaruhihasilbelajarmatapelajarankewirausahaan.