Pengaruh persepsi siswa tentang model pembelajaran guru dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang / Dewi Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/81743/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANRahmawatiDewi.2019.PengaruhPersepsiSiswatentangModelPembelajaranGurudanMinatBerwirausahaterhadapHasilBelajarMataPelajaranKewirausahaanSiswaKelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKuncipersepsimodelpembelajaranminatberwirausahahasilbelajarmatapelajarankewirausahaanHasilbelajarmatapelajarankewirausahaandigunakansebagaiukuranuntukmengetahuiseberapajauhsiswamemahamimaterikewirausahaanyangdiajarkanolehguru.Hasilbelajarmatapelajarankewirausahaantersebutdapatdipengaruhiolehbeberapafaktorsepertipersepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausaha.Makaperludilakukanpenelitianmengenaihasilbelajarmatapelajarankewirausahaan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhpersepsisiswatentangmodelpembelajaranguruterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang(2)pengaruhminatberwirausahaterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalangdan(3)pengaruhpersepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausahaterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganmetodeeksplanasi.Jumlahpopulasidalampenelitianinisebanyak241siswasedangkanjumlahsampelyangdigunakanadalah150siswayangdiambildenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketdanteshasilbelajar.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganprogramIBMSPSSStatistics25.Berdasarkanhasilanalisismakadapatditariksimpulanbahwa(1)persepsisiswatentangmodelpembelajaranguruberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang(2)minatberwirausahaberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalangdan(3)persepsisiswatentangmodelpembelajarangurudanminatberwirausahaberpengaruhterhadaphasilbelajarmatapelajarankewirausahaansiswakelasXIISMKMuhammadiyah3SingosariKabupatenMalang.Didalampenelitianinipenulismemberikansarankepada(1)gurukewirausahaanagarmenggunakanmodelpembelajaranyangbervariasidansesuaidenganmateripembelajaransertakondisisiswadidalamkelasdenganmenggunakanalatdanmediapembelajaranyangmenarik(2)sekolahuntuklebihseringmenyelenggarakanacarayangberkaitandengankewirausahaandan(3)penelitiselanjutnyaagarmelakukanpenelitianmengenaifaktor-faktorlainyangmempengaruhihasilbelajarmatapelajarankewirausahaan.