Pengembangan modul produk kreatif kewirausahaan berbasis guided inquiry pada kompetensi dasar kewirausahaan dan wirausaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (Studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen Malang) / Hepi Febriantono
Main Author: | Febriantono, Hepi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/78815/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFebriantonoHepi.2019.PengembanganModulProdukKreatifKewirausahaanBerbasisGuidedInquiryPadaKompetensiDasarKewirausahaandanWirausahauntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik(StudiPadaKelasXIKompetensiKeahlianAdministrasiPerkantorandiSMKPGRITurenMalang).Skripsi.JurusanManajemenFakultasEkonomidanBisnisUniversitasNegeriMalang.PembimbingYuliAgustinaS.EM.MKatakunciModulProdukKreatifKewirausahaanguidedinquiryhasilbelajarModulProdukKreatifKewirausahaanmerupakanmodulyangmelibatkanseluruhkemampuanpesertadidiksecaramaksimaluntukmencaridanmenyelidikisecarasistematiskritislogisdaananalitissehinggapesertadidikdapatmerumuskansendiripenemuannyadenganpenuhpercayadiri.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkan(1)MenghasilkanprodukyangberupamodulProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiryuntukpesertadidikSMKKelasXIprogramkeahlianAdministrasiPerkantoran(2)MengetahuikelayakanmodulpembelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquirymelaluihasilvaliditasyangdilakukanolehahlimateridanahlimodul(3)MengetahuiperbedaanhasilbelajarantarapesertadidikkelaskontrolyangtidakmenggunakanmoduldenganpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmodulmatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaanberbasisGuidedInquiry.RancanganpenelitianinidiadaptasidarimodelpengembanganReseachandDevelopment(RD)DalampenelitiandanpengembanganinipenelitimenggunakanmodelBorgGallyaitu(1)Analisiskebutuhan(2)Penyusunandraftproduk(3)Validasiahlimateridanahlimodul(4)Revisidraftproduk(5)Ujicobaproduk(6)Revisiproduk(7)Ujipemakaianproduk(8)Penyempurnaanproduk(9)Produkakhirdanpembuatanmasterproduk.SubjekpenelitianmodulyangdikembangkandivalidasiolehsatuorangdosenprogramstudiPendidikanAdministrasiPerkantoranUniversitasNegeriMalangsebagaiahliModulPembelajaran.DuaoranggurumatapelajaranProdukKreatifdanKewirausahaandiSMKPGRITurensebagaiahliMateridan6orangpesertadidikKelasXIAdministrasiPerkantoransebagaisubjekujicobakelompokkecil.Hasildaripenelitiandanpengembanganmenunjukkan(1)Hasilvalidasiahlimodulahlimateridanpesertadidikpadaujicobaterbatasmenunjukkankriteriasangatvalidsehinggamodullayakdigunakan.(2)Hasilbelajarmenunjukkanrata-ratapesertadidikkelaseksperimenlebihbesardaripesertadidikkelaskontrol.(3)Nilairata-ratakelaseksperimenadalah832dannilairata-ratakelaskontroladalah775artinyaterdapatperbedaanantarakelaseksperimendankelaskontrolsehinggamodulefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianyangdidapatkanmakasaranyangdapatpenelitiberikanadalah(1)Bagigurudisarankanuntukmenggunakanmodulsebagaipendukungkegiatanpembelajaranuntukmempraktikansesuaiproseduryangadadalammodul(2)Bagipesertadidiksebaiknyamempelajarimodulsebelummelakukanpembelajaranagarpesertadidikdapatbelajarsecaramandiri.