Pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Rezza Kurnia Hartono

Main Author: Hartono, Rezza Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/78807/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniaHartonoRezza.2017.PengaruhMotivasidanKebiasaanBelajarterhadapHasilBelajarSiswaProgramKeahlianAdministrasiPerkantoranSMKMuhammadiyah7GondanglegiKabupatenMalang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanAdministrasiPerkantoranJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.KataKuncimotivasibelajarkebiasaanbelajarprestasibelajarMotivasimerupakanhalyangdapatmendorongseseoranguntukmelakukankegiatanataupekerjaanbegitupuladenganbelajar.Denganmotivasisiswabisamengembangkanaktivitasdaninisiatifdapatpulamemeliharadanmengarahkanketekunandalamkegiatanbelajar.Untukmencapaihasilbelajaryangsesuaidenganyangdiharapkansiswahendaknyamempunyaisikapdancarabelajaryangsistematis.Carabelajaryangbaikadalahsuatucarayangdimilikisiswadenganjalanlatihandalamusahabelajarnyasehinggamenjadikebiasaanbelajaryangmelekatpadadirinya.Setiapsiswapastimemilikikebiasaanbelajaryangberbeda-beda.Kebiasaanbelajarmerupakantindakanyangtidakdapatdiabaikanperanannyadalamsetiapdiriindividuagariadapatbelajardengansistematisdanberkelanjutan.Dengandemikiankebiasaanbelajaryangbaikakanmempengaruhipadahasilbelajaryangmemuaskandanilmuyangdidapatjugadapatdikuasaidandimengertisehinggamemperolehhasilyangmemuaskan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhantaramotivasidankebiasaanbelajarterhadaphasilbelajarsiswaprogramkeahlianAdministrasiPerkantoranSMKMuhammadiyah7GondanglegiKabupatenMalangbaiksecaraparsialdansimultan.Pendekatapenelitianiniadalahkuantitatifdenganjenispenelitianeksplanasi.Pengambilansampelmenggunakanteknikpurposivesampling.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXprogramkeahlianadministrasiperkantoranSMKMuhammadiyah7GondanglegiKabupatenMalangberjumlah30orangdengankarakteristiksiswakelasXdanbarumengenalmengenaiprogramkeahlianyangmerekapilih.Instrumenpenelitianmenggunakanangketmotivasibelajardanangketkebiasaanbelajaryangdikembangkanolehpeneliti.Teknikanalisisdatamenggunakanteknikregresilinierberganda.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)tidakadapengaruhyangsignifikanmotivasibelajarterhadaphasilbelajardidapatkannilaisig-t0625005(2)tidakadapengaruhyangsignifikankebiasaanbelajarterhadaphasilbelajarberdasarkanhasil0770005(3)tidakadapengaruhyangsignifikanmotivasidankebiasaanbelajarterhadaphasilbelajardidapatkannilai0849005.Disarankan(1)Penelitianinidiharapkandapatdigunakansebagaiacuanbagiguruuntukmenentukanmetodeyangsesuaidengankemampuansiswadalamkegiatanbelajarmengajardanmengetahuikebiasaanbelajarsiswanya.(2)Lingkungansekolahmerupakanfaktorekstrensikdaridirisiswauntukmeningkatkanhasilbelajardengandemikiandiharapkanpihaksekolahmemberikanmotivasibelajarekstrinsikdankebiasaanbelajardisekolahagarprestasibelajarsiswadapatmeningkat.(3)Saranberikutnyaditujukkankepadapenelitiyangtertarikuntukmelanjutkanpenelitianinisebaiknyaperludilakukanpenelitianlebihlanjuttentangvariabellaindandiharapkandapatmelengkapiteorimengenaimotivasibelajarkebiasaanbelajardanhasilbelajar.