Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi keuangan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar) / Cahya Mega Imelda

Main Author: Imelda, Cahya Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/78786/
Daftar Isi:
  • RINGKASANImeldaCahyaMega.2019.PengembanganE-moduleBerbasisDigitalFlipbookPadaMataPelajaranAdministrasiKeuanganUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik(StudipadaPesertaDidikKelasXIIAPSMKNegeri2Blitar).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.H.MohammadariefM.Si.KataKunciE-moduleFlipbookAdministrasiKeuanganHasilBelajarPengembangane-moduleAdministrasiKeuangansangatdibutuhkankarenabelumadanyamodulyangdiperuntukanuntukpesertadidik.pengembangane-moduleinibertujuanuntuk(1)Menghasilkane-moduleberbasisFipbookpadamatapelajaranAdministrasiKeuanganberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXIISMKNegeri2Blitar(2)Mengetahuikelayakane-modulepadamatapelajaranAdministrasiKeuanganberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXIISMKNegeri2Blitarmelaluivalidasiahlimateridanahlimediadan(3)Mengetahuiefektifitase-modulepadamatapelajaranAdministrasiKeuanganberbasisFlipbookuntukkelasXIISMKNegeri2Blitardengancaramengukurperbedaanpadahasilbelajarpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmediadengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmedia.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGalldenganlangkah-langkahyangtelahdisesuaikandengankeadaanlapangandanbataswaktuyangdiberikansekolahyaitu(1)PotensidanMasalah(2)Pengumpulandata(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)Ujicobaproduk(7)Revisiproduk(8)Ujicobapemakaian(9)Produkakhir.validasie-moduledilakukanolehahlimediaahlimateridan6pesertadidik.Hasilvalidasiolehahlimateridiperoleh9563%yangdinyatakansangatvalidsedangkanhasilvalidasiolehahlimediadiperoleh8795%yangdinyatakansangatvalid.Hasilujicobaterbatasyangdilakukansecaralangsunguntukmengetahuikemudahanpemahananmaterimemperolehhasilsebesar8138%yangdinyatakansangatmudahdipahami.setelahmelaksanakanpembelajaranpadakelaskontroldankelaseksperimendiperolehrata-ratanilaiposttestaspekkognitifuntukkelaskontrol7866danuntukkelaseksperimen8825.SaranuntukpenelitiberikutnyauntukmempelajariprodukiniterutamasoftwareFlipPDFCorporateuntukkemudiandikembangkanprodukyanglebihkreatifdaninovatifdenganmenghubungkanbeberapasoftware.Materiyangtersediadalame-modulehanyaberbasisipadasatukompetensidasarpadamatapelajaranAdminstrasiKeuangankelasXIIAPSMKNegeri2Blitaruntukpenelitiselanjutnyadisarankanagarmenambahkanmateriyanglebihluas.Selanjutnyadisarankanpadapenelitiuntukmelakukanvalidasiahlimateridanhalimedialebihdarisatuorangsehinggakualitase-modulemenjadilebihbaik.