Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Dewi Anisa
Main Author: | Anisa, Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/78749/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnisaDewi2019.PengembanganE-ModuleBerbasisDigitalFlipbookPadaMataPelajaranAdministrasiUmumUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik(StudipadapesertadidikkelasXOTKPSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.PdM.M.KataKunciE-ModuleFlipbookAdministrasiUmumHasilbelajarPengembangane-moduleAdministrasiUmumsangatdibutuhkankarenabelumadanyamodulyangdiperuntukkanuntukpesertadidik.Pengembangane-moduleinibetujuanuntuk(1)Menghasilkane-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjen(2)Mengetahuikelayakane-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjenmelaluivalidasiahlimateridanahlimediadan(3)Mengetahuiefektifitase-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjendengancaramengukurperbedaanpadahasilbelajarpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmediadengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmedia.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGalldenganlangkah-langkahyangtelahdisesuaikandengankeadaanlapangandanbataswaktuyangdiberikansekolahyaitu(1)Potensidanmasalah(2)Pengumpulandata(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)Ujicobaproduk(7)Revisiproduk(8)Ujicobapemakaian(9)Produkakhir.Validasie-moduledilakukanolehahlimediaahlimateridan6pesertadidik.Hasilvalidasiolehahlimateridiperolehsebesar9363%yangdinyatakansangatvalidsedangkanhasilvalidasiolehahlimediadiperolehsebesar9764%yangdinyatakansangatvalid.Hasilujicobaterbatasyangdilakukansecaralangsungdikelasuntukmengetahuikemenarikandankemudahanmediauntukdipahamipesertadidikyangtelahditerapkanmemperolehhasilsebesar959%yangdinyatakansangatmenarikdanmudahdipahami.Setelahmelaksanakanpembelajaranpadakelaskontroldankelasekeperimendiperolehrata-ratanilaiposttestaspekkognitifuntukkelaskontrolsebesar8053danuntukkelaseksperimen9127.Danuntukhasilpraktiknilaipsikomotorikkelaskontrolsebesar7998dankelasekperimensebesar9184.Jadiberdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkane-moduledapatdinyatakanlayakdanefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SaranuntukpenelitiberikutnyayaituuntukmempelajariprodukiniterutamasoftwareFlipbookPDFCorporateuntukkemudiandikembangkanprodukyanglebihkreatifdaninovatifdenganmenghubungkanbeberapasoftware.Materiyangtersediadalame-modulehanyaberbasispadasatukompetensidasarpadamatapelajaranAdministrasiUmumkelasXOTKPuntukpenelitidisarankanagarmenambahkanmateriyanglebihluas.Selanjutnyadisarankanpadapenelitiuntukmelakukanvalidasiahlimateridanahlimedialebihdarisatuoarngsehinggakualitase-module.Menjadilebihbaik.