Pengembangan e-module berbasis digital flipbook pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Dewi Anisa

Main Author: Anisa, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/78749/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnisaDewi2019.PengembanganE-ModuleBerbasisDigitalFlipbookPadaMataPelajaranAdministrasiUmumUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik(StudipadapesertadidikkelasXOTKPSMKCendikaBangsaKepanjenKabupatenMalang).SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.HenyKusdiyantiS.PdM.M.KataKunciE-ModuleFlipbookAdministrasiUmumHasilbelajarPengembangane-moduleAdministrasiUmumsangatdibutuhkankarenabelumadanyamodulyangdiperuntukkanuntukpesertadidik.Pengembangane-moduleinibetujuanuntuk(1)Menghasilkane-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjen(2)Mengetahuikelayakane-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjenmelaluivalidasiahlimateridanahlimediadan(3)Mengetahuiefektifitase-modulepadamatapelajaranAdministrasiUmumberbasisFlipbookuntukpesertadidikkelasXSMKCendikaBangsaKepanjendengancaramengukurperbedaanpadahasilbelajarpesertadidikkelaseksperimenyangmenggunakanmediadengankelaskontrolyangtidakmenggunakanmedia.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelpenelitiandanpengembanganBorgGalldenganlangkah-langkahyangtelahdisesuaikandengankeadaanlapangandanbataswaktuyangdiberikansekolahyaitu(1)Potensidanmasalah(2)Pengumpulandata(3)DesainProduk(4)Validasidesain(5)Revisidesain(6)Ujicobaproduk(7)Revisiproduk(8)Ujicobapemakaian(9)Produkakhir.Validasie-moduledilakukanolehahlimediaahlimateridan6pesertadidik.Hasilvalidasiolehahlimateridiperolehsebesar9363%yangdinyatakansangatvalidsedangkanhasilvalidasiolehahlimediadiperolehsebesar9764%yangdinyatakansangatvalid.Hasilujicobaterbatasyangdilakukansecaralangsungdikelasuntukmengetahuikemenarikandankemudahanmediauntukdipahamipesertadidikyangtelahditerapkanmemperolehhasilsebesar959%yangdinyatakansangatmenarikdanmudahdipahami.Setelahmelaksanakanpembelajaranpadakelaskontroldankelasekeperimendiperolehrata-ratanilaiposttestaspekkognitifuntukkelaskontrolsebesar8053danuntukkelaseksperimen9127.Danuntukhasilpraktiknilaipsikomotorikkelaskontrolsebesar7998dankelasekperimensebesar9184.Jadiberdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkane-moduledapatdinyatakanlayakdanefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SaranuntukpenelitiberikutnyayaituuntukmempelajariprodukiniterutamasoftwareFlipbookPDFCorporateuntukkemudiandikembangkanprodukyanglebihkreatifdaninovatifdenganmenghubungkanbeberapasoftware.Materiyangtersediadalame-modulehanyaberbasispadasatukompetensidasarpadamatapelajaranAdministrasiUmumkelasXOTKPuntukpenelitidisarankanagarmenambahkanmateriyanglebihluas.Selanjutnyadisarankanpadapenelitiuntukmelakukanvalidasiahlimateridanahlimedialebihdarisatuoarngsehinggakualitase-module.Menjadilebihbaik.