Penerapan model discovery learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung / Mutia Nandani

Main Author: Nandani, Mutia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/77786/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANNandaniMutia.2019.PenerapanModelDiscoveryLearningdipaduThinkPairSquareShare(TPSS)untukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifBiologiSiswaKelasXIMIPASMAN1Tulungagung.Skripsi.JurusanBiologi.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dr.SulisetijonoM.Si.KataKuncidiscoverylearningdipaduTPSSketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifsistemekskresisistemkoordinasiKeterampilanberpikirkritismerupakanketerampilanyangdapatmen-dukungprosesbelajardanhasilbelajaryangdiperolehsiswa.Keterampilanberpikirkritismemilikibanyakmanfaatbagiseseoranguntukmampumengolahmengevaluasidanmembuatkeputusanberdasarkankemampuanpengetahuandanpengalamanyangdimiliki.MasalahrendahnyaketerampilanberpikirkritisterjadidikotaTulungagungsalahsatunyadiSMAN1Tulungagung.Hasilobservasimenunjukkanbahwaprosespembelajarandansoalujianyangdiberikangurubelummampumengasahketerampilanberpikirkritissiswa.Prosespembelajaranberlangsungsearahyaitugurusebagaipusatinformasiutamasedangkansiswacenderungpasifhanyamendengarkanpenjelasanguru.SalahsatuupayauntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswadalamkegiatanpembelajaranadalahdenganmenerapkanmodelDiscoveryLearning.TujuanpenelitianiniadalahinginmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitifBiologisiswa.JenispenelitianyangditerapkandalampembelajaraniniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitiandilakukandiSMANegeri1TulungagungdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasXIMIPA3sebanyak32siswa.DatapenelitianberupaKeterlaksanaanPembelajaranDiscoveryLearningdipaduThinkPairSquareShare(TPSS)olehgurudansiswadataketerampilanberpikirkritisdiperolehdaritessetiapakhirsiklusIdantesakhirsiklusIIdandatahasilbelajarkognitifberupahasiltessetiapakhirsiklusberupasoalpilihanganda.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketerampilanberpikirkritissiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.ReratahasiltesketerampilanberpikirkritispadasiklusIsebesar7015danmeningkatsebesar828menjadi7843padasiklusIIselainituterjadipeningkatanhasilbelajarkognitifsiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.KetuntasanklasikalhasilbelajarkognitifpadasiklusIsebesar6562%danmengalamipeningkatansebanyak1563%menjadi8125%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamodelDiscoveryLearningdipaduTPSSdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifBiologisiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.SaranyangdiberikanpenelitiialahpenerapanmodelDiscoveryLearningdipaduTPSSmemerlukanpengawasandankontrolkelasolehgurusehinggasiswamengikutipembelajarandenganbaik.