Penerapan model discovery learning dipadu Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Tulungagung / Mutia Nandani
Main Author: | Nandani, Mutia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/77786/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANNandaniMutia.2019.PenerapanModelDiscoveryLearningdipaduThinkPairSquareShare(TPSS)untukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifBiologiSiswaKelasXIMIPASMAN1Tulungagung.Skripsi.JurusanBiologi.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dr.SulisetijonoM.Si.KataKuncidiscoverylearningdipaduTPSSketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifsistemekskresisistemkoordinasiKeterampilanberpikirkritismerupakanketerampilanyangdapatmen-dukungprosesbelajardanhasilbelajaryangdiperolehsiswa.Keterampilanberpikirkritismemilikibanyakmanfaatbagiseseoranguntukmampumengolahmengevaluasidanmembuatkeputusanberdasarkankemampuanpengetahuandanpengalamanyangdimiliki.MasalahrendahnyaketerampilanberpikirkritisterjadidikotaTulungagungsalahsatunyadiSMAN1Tulungagung.Hasilobservasimenunjukkanbahwaprosespembelajarandansoalujianyangdiberikangurubelummampumengasahketerampilanberpikirkritissiswa.Prosespembelajaranberlangsungsearahyaitugurusebagaipusatinformasiutamasedangkansiswacenderungpasifhanyamendengarkanpenjelasanguru.SalahsatuupayauntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswadalamkegiatanpembelajaranadalahdenganmenerapkanmodelDiscoveryLearning.TujuanpenelitianiniadalahinginmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitifBiologisiswa.JenispenelitianyangditerapkandalampembelajaraniniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitiandilakukandiSMANegeri1TulungagungdengansubjekpenelitianadalahsiswakelasXIMIPA3sebanyak32siswa.DatapenelitianberupaKeterlaksanaanPembelajaranDiscoveryLearningdipaduThinkPairSquareShare(TPSS)olehgurudansiswadataketerampilanberpikirkritisdiperolehdaritessetiapakhirsiklusIdantesakhirsiklusIIdandatahasilbelajarkognitifberupahasiltessetiapakhirsiklusberupasoalpilihanganda.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketerampilanberpikirkritissiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.ReratahasiltesketerampilanberpikirkritispadasiklusIsebesar7015danmeningkatsebesar828menjadi7843padasiklusIIselainituterjadipeningkatanhasilbelajarkognitifsiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.KetuntasanklasikalhasilbelajarkognitifpadasiklusIsebesar6562%danmengalamipeningkatansebanyak1563%menjadi8125%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamodelDiscoveryLearningdipaduTPSSdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifBiologisiswakelasXIMIPA3SMAN1Tulungagung.SaranyangdiberikanpenelitiialahpenerapanmodelDiscoveryLearningdipaduTPSSmemerlukanpengawasandankontrolkelasolehgurusehinggasiswamengikutipembelajarandenganbaik.