Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal terhadap keterampilan berpikir kritis, karakter dan hasil belajar biologi siswa kelas X IIS 4 MA Al-Ittihad Poncokusumo Malang Jawa Timur / Aushofusy Syarifah Agustin

Main Author: Agustin, Aushofusy Syarifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/77783/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAgustinAushofusySyarifah.2019.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbasisPotensiLokalterhadapKeterampilanBerpikirKritisKarakterdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXIIS4MAAl-IttihadPoncokusumoMalangJawaTimur.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd.(II)Dr.MurniSaptasariM.Si.KataKunciInkuiriterbimbingpotensilokalketerampilanberpikirkritiskarakterhasilbelajar.BerdasarkanhasilangketkebutuhanpembelajaranangketberpikirkritisdanwawancaraguruBiologikelasXIIS4MAAl-IttihadPoncokusumodiketahuibahwakegiatanpembelajaranyangselamainiberlangsungmasihbelummemfasilitasisiswamengembangkanketerampilanberpikirkritiskarakterdanhasilbelajar.Tingkatberpikirkritissiswaberdasarkanangketberpikirkritisyakni4247dengankategorirendah.BerdasarkanwawancaradenganguruBiologibeberapakaraktersiswamasihrendahkarakterrasaingintahurendahkarenahanyasedikitsiswayangbertanyasaatdiskusidikelassiswabanyakyangtidakjujurkarenamasihmenyonteksaatulangansiswatidakbertanggungjawabterhadaptugasyangdiberikandanberdampakpadaketerlambatandalampengumpulantugassiswajugakurangmenghargaigurusaatmenjelaskandidepankelas.Berdasarkanobservasidokumennilaihanyaterdapat29%siswayakni10dari35siswayangmemperolehnilaidiatasKKM.BerdasarkanmasalahdikelasmakadilakukanPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasispotensilokalyangdiharapkandapatmemfasilitasisiswauntukmengembangkanketerampilanberpikirkritiskarakterdanhasilbelajarBiologi.Penelitiandilakukandalam2siklussetiapsiklusterdiridari5tahapanmengikutimodelPTKJohnElliott.SubjekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasXIIS4MAAl-IttihadPoncokusumo.Dataketerampilanberpikirkritisberupaskoryangdiperolehdaripratesdanpascatessoaluraianyangdisesuaikandenganrubrikketerampilanberpikirkritis.Datakarakterdiperolehdariobservasidanangketkarakterkepadasiswa.Hasilbelajarkognitifdiperolehdaripratesdanpascatessoaluraiandanhasilbelajarpsikomotordiperolehdaripenilaianbagandanposteryangdibuatolehsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanketerampilanberpikirkritiskarakterdanhasilbelajar.PeningkatanketerampilanberpikirkritispadasiklusIberdasarkann-gainadalah0.29dengankriteriarendahmeningkatpadasiklusIIyakni0.41dengankriteriasedang.karakterpadasiklussatumencapainilai7172dengankriteriabaikmeningkatmenjadi8014dengankriteriasangatbaik.HasilbelajarkognitifpadasiklusImenunjukkanhasiln-gainsebesar0.51dengankriteriasedangmeningkatpadasiklusIImenjadi068dengankriteriasedang.Hasilbelajarpsikomotorikmeningkatdari7712padasiklusImenjadi8421padasiklusII.Berdasarkanpaparandatadiataspenerapaninkuiriterbimbingberbasispotensilokalterbuktidapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritiskarakterdanhasilbelajarsiswa.