Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VII SMP Tamansiswa Malang / Rahayu Setianingsih

Main Author: Setianingsih, Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/77765/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANSetianingsihRahayu.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)denganMultimediauntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarMataPelajaranIPApadaSiswaKelasVII-FSMPTamansiswaMalang.Skripsi.JurusanBiologiProgamStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)SitiImroatulMaslikahS.SiM.SiKataKunciProblemBasedLearningmultimediakemampuanberpikirkritishasilbelajar.BerdasarkanobservasipembelajarandikelasVII-FSMPTamansiswaMalangselamakegiatanstudipendahuluanpadatanggal09Februari2018diketahuibahwakeberhasilanbelajarklasikalsiswaSMPTamansiswaMalangadalah65%darikriteriaketuntasanminimal75.BerdasarkanwawancaradenganguruIPAdikelasVII-FSMPTamansiswabahwakemampuanberpikirkritissiswayangrendahdisebabkanolehkurangnyakemampuansiswauntukmengidentifikasimasalahmateriIPAyangberhubungandengankehidupansehari-hari.Kemampuansiswadalammemecahkanpermasalahanmasihrendahsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswa.PembelajaranyanginovatifdankreatifyaitudenganpembelajaranmodelProblemBasedLearningdenganMultimediadibutuhkanuntukmengatasipermasalahantersebut.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarmatapelajaranIPApadasiswakelasVII-FSMPTamansiswaMalangmenerapkanmodelProblemBasedLearningdenganMultimedia.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.MateripadasikluspertamaadalahPencemaranLingkunganyangterdiridari5pertemuan(12JP)dansikluskeduaadalahmateriPemanasanGlobalyangterdiridari5pertemuan(10JP).HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswapadamateriIPAkelasVII-FSMPTamansiswaMalangdenganhasilkemampuanberpikirkritissiswadariprasikluskesiklusImengalamipeningkatansebesar13%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar4%.KetuntasanklasikalhasilkemampuanberpikirkritismengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar6562%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar938%.HasilbelajarsiswaranahpengetahuanmengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar5%denganketuntasanklasikalmengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar5313%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar281%.PeningkatanhasilbelajarranahketerampilandarisiklusIkesiklusIIsebesar284%denganketuntasanklasikalsebesar100%.