Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VII SMP Tamansiswa Malang / Rahayu Setianingsih
Main Author: | Setianingsih, Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/77765/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANSetianingsihRahayu.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)denganMultimediauntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarMataPelajaranIPApadaSiswaKelasVII-FSMPTamansiswaMalang.Skripsi.JurusanBiologiProgamStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)SitiImroatulMaslikahS.SiM.SiKataKunciProblemBasedLearningmultimediakemampuanberpikirkritishasilbelajar.BerdasarkanobservasipembelajarandikelasVII-FSMPTamansiswaMalangselamakegiatanstudipendahuluanpadatanggal09Februari2018diketahuibahwakeberhasilanbelajarklasikalsiswaSMPTamansiswaMalangadalah65%darikriteriaketuntasanminimal75.BerdasarkanwawancaradenganguruIPAdikelasVII-FSMPTamansiswabahwakemampuanberpikirkritissiswayangrendahdisebabkanolehkurangnyakemampuansiswauntukmengidentifikasimasalahmateriIPAyangberhubungandengankehidupansehari-hari.Kemampuansiswadalammemecahkanpermasalahanmasihrendahsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswa.PembelajaranyanginovatifdankreatifyaitudenganpembelajaranmodelProblemBasedLearningdenganMultimediadibutuhkanuntukmengatasipermasalahantersebut.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarmatapelajaranIPApadasiswakelasVII-FSMPTamansiswaMalangmenerapkanmodelProblemBasedLearningdenganMultimedia.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.MateripadasikluspertamaadalahPencemaranLingkunganyangterdiridari5pertemuan(12JP)dansikluskeduaadalahmateriPemanasanGlobalyangterdiridari5pertemuan(10JP).HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswapadamateriIPAkelasVII-FSMPTamansiswaMalangdenganhasilkemampuanberpikirkritissiswadariprasikluskesiklusImengalamipeningkatansebesar13%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar4%.KetuntasanklasikalhasilkemampuanberpikirkritismengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar6562%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar938%.HasilbelajarsiswaranahpengetahuanmengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar21%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar5%denganketuntasanklasikalmengalamipeningkatandariprasikluskesiklusIsebesar5313%dandarisiklusIkesiklusIIsebesar281%.PeningkatanhasilbelajarranahketerampilandarisiklusIkesiklusIIsebesar284%denganketuntasanklasikalsebesar100%.