Pengembangan perangkat pembelajaran materi keanekaragaman tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi / Dwi Darmayanti

Main Author: Darmayanti, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/77751/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANDarmayantiD.2019.PengembanganPerangkatPembelajaranMateriKeanekaragamanTumbuhanBerbasisInkuiriTerbimbingUntukMeningkatkanKeterampilanProsesSainsdanHasilBelajarSiswaKelasXSMAN1Gondanglegi.Skripsi.JurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.EkoSriSulasmiM.S.KataKunciPengembanganPerangkatPembelajaranInkuiriTerbimbingKeterampilanProsesSainsHasilBelajarKurikulum2013menekankanbahwamodelpembelajaranuntukmem-perkuatpendekatanilmiahperluditerapkanpembelajaranberbasisinkuiri.BerdasarkanhasilstudipendahuluandanobservasimenunjukkanbahwaRPPgurutelahmenggunakaninkuiritetapidalampenerapannyadikelasbelumtercapai.Keterampilanprosessainssiswajugabelumdilakukanpenilaianolehguru.PenelitianinibertujuanmengembangkanperangkatpembelajaranberupasilabusRPPLKSdaninstrumenpenilaianberbasisinkuiriterbimbingsehinggadapatdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarsiswa.PengembanganperangkatpembelajarandisesuaikandenganmodelThiagarajan(4D)yangterdiridari4tahapnamunpenelitianinihanyadilakukansampaitahapketigayaituDevelop.PerangkatpembelajaranberupasilabusRPPLKSdaninstrumenpenilaianyangdikembangkandivalidasiolehahliperangkatpembelajaranahlimateridanpraktisilapangan.ImplementasidilakukankepadasiswakelasXMIA1danXMIA2SMAN1Gondanglegisejumlah52anak.Selanjutnyadilakukanujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Hasilvalidasiahliperangkatpembelajaranahlimateridanpraktisilapanganterhadapperangkatpembelajaransilabussebesar943%RPPsebesar912%LKSsebesar984%daninstrumenpenilaiansebesar965%.Berdasarkanhasilvalidasiperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikikiteriasangatvalid.Hasilujikepraktisanberdasarkanlembarketerlaksanaanpembelajar-andanangketresponsiswamenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranmemilikikategorisangatpraktisdenganpersentasemasing-masing972%dan887%.Skorreratasikap52siswayaitusebesar93%rerataulanganhariansebesar8075%rerataaspekketerampilansiswasebesar9137%danrerataketerampilanprosessainssiswasebesar957%.Berdasarkanhasilyangdidapatkanmakatermasukdalamkategorisangatefektif.Hasilpenelitiandanpengembanganmenunjukkanbahwapengembanganperangkatpembelajaranmaterikeanekaragamantumbuhanberbasisinkuiriterbimbinglayakdigunakandandapatmeningkatkanketerampilanprosessainsdanhasilbelajarsiswa.Pengembanganperangkatpembelajaranyangselanjutnyaperlumemperhatikansaran(a)pengembanganperangkatpadamateripelajaranyanglebihluas(b)untukmeningkatkankevalidankepraktisandankeefektifanperangkatpembelajarandapatdilakukanujicobapadaskalayanglebihbesar.