Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi / Siti Khusnaini Puji Astuti
Main Author: | Astuti, Siti Khusnaini Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/76957/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANAstutiSitiKhusnainiPuji.2019.PengaruhModelPembelajaranLearningCycle5EdanLearningCycle5EBerbantuanMediaVideoPembelajarantehadapHasilBelajarSiswapadaMateriSistemKoloidSiswaKelasXISMANegeri1Gondanglegi.SkripsiJurusanKimiaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangBudiasihM.S(II)Drs.MuhammadSuaidyM.Pd.KatakunciLearningCycle5EmediavideopembelajaranhasilbelajarsistemkoloidPerkembanganIPTEKsaatinitelahberkembangbegitupesatsalahsatunyadalambidangpendidikan.Perkembangantersebutmempengaruhikemaju-anteknologipendidikanyangditandaidenganperkembanganmediapembelajaranyangdigunakanolehgurudalamkegiatanpembelajarandikelas.Penggunaanmediasepertiinisangatpentingdilakukanuntukmemvisualisasikankonsep-konsepyangbersifatabstraksalahsatunyapadamaterisistemkoloid.Banyakkonsep-konsepabstrakpadamaterikoloidsepertipadapokokbahasanefekTyndallgerakbrownadsorbsikoloidliofildankoloidliofobyangsukardipahamiolehsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5EberbantuanmediavideopembelajarandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5Epadamaterisistemkoloid.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu(quasyexperiment).PenelitiandilakukandiSMANegeri1GondanglegidenganpopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIyangterdiridari5kelas.Penentuansampelpenelitianyangdigunakansebagaikelaseksperimendankelaskontroldilakukandenganteknikclusterrandomsampling.KelaseksperimendibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5EberbantuanmediavideopembelajaransedangkankelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Hasilbelajarkognitifdianalisissecarastatistikinferensialmenggunakanuji-tdenganbantuanprogramSPSS15.0forwindowssedangkanhasilbelajarafektifdanpsikomotorikdideskripsikansajadengankriteriatertentu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)HasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5EberbantuanmediavideopembelajaranberbedadenganhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Hasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggidibandingkankelaskontrol.Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(7984)dibandingkanhasilbelajarsiswakontrol(7427).2)HasilbelajarafektifdanpsikomotoriksiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5EberbantuanmediavideopembelajaranlebihbaikdibandingkanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle5E.Rata-ratanilaiafektifkeduakelastergolongcukupbaikdimananilaiafektifsiswakelaseksperimenlebihtinggi(7292)dibandingkankelaskontrol(7215)sedangkanuntukrata-ratanilaipsikomotorikkelaseksperimenlebihtinggi(8525)dibandingkankelaskontrol(8493)dannilaipsikomotorikdikeduakelastergolongbaik.