Perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran think pair share (TPS) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi hidrolisis garam / Ulfa Ni'matush Sholihah

Main Author: Sholihah, Ulfa Ni'matush
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/76896/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANSholihahUlfaNimatush.2019.PerbedaanHasilBelajarPesertaDidikyangDibelajarkandenganModelPembelajaranThinkPairShare(TPS)danStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)padaMateriHidrolisisGaram.Skripsi.JurusanKimiaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.FauziatulFajarohM.S.(II)HerunataS.Pd.M.Pd.KataKunciperbedaanhasilbelajarTPSSTADhidrolisisgaramIlmukimiamerupakanilmuyangdidasarkanpadaobservasidaneksperimen.Mempelajariilmukimiaharusberurutandanberjenjangkarenakonsepnyayangsalingterkaitsatusamalainsehinggadibutuhkanprosesintelektualyangtinggijugadidukungolehmodelpembelajaranyangsesuaiagarmendapatkanhasilbelajaryangbaik.PendidikandiIndonesiasesuaiPermendikbuddiharapkanuntukmenerapkanpembelajaranaktifdanperanguruhanyasebagaifasilitatorhaltersebutjugasesuaidenganteoribelajarkonstruktivisme.KenyataandilapangandaribeberapapenelitianjugawawancarapenelitidengangurukimiaMAN5Bojonegoromenunjukkanbahwagurumasihseringmenggunakanmetodeceramahsehinggapembelajaranmasihberpusatpadaguru.SalahsatumateriyangdipelajariditingkatSMA/MAyaituhidrolisisgaramyangmaterinyabersifatkonseptualdanalgoritmik.BerdasarkanbeberapapenelitiansebelumnyajugawawancarapenelitidiMAN5Bojonegorodidapatkannilaiulanganharianhidrolisisgarampesertadidiktahun2017/2018sebesar64%masihdibawahSKMhaltersebutmenunjukkanpemahamanmaterihidrolisisgaramdisekolahtersebutmasihrendah.Rendahnyahasilbelajardisekolahtersebutdikarenakangurumasihdominanmenggunakanmetodeceramahsehinggapesertadidikpasifdalampembelajaran.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmenerapkanpembelajaranyangdapatmembuatpesertadidikaktif.Salahsatupembelajaranaktifadalahpembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmemilikimacam-macammodelnamunpenelitimemilihduamodelpembelajaranyaituTPSdanSTAD.Keduamodelmemilikikelebihannyamasing-masingselainituperanpesertadidikdalampembelajarantidaklagipasifkarenapesertadidikakanterlibataktifdalamdiskusijugapembangunansendiripengetahuannya.MakadariitupenelitiinginmelihatketerlaksanaanpembelajarankeduamodeldanadatidaknyaperbedaanhasilbelajarpesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanTPSdanSTAD.Jenispenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu.Desainpenelitianyangditerapkanadalahposttestonlycontrolgroup.PopulasidalampenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIMAN5Bojonegorodengansubjekpenelitianberjumlah71denganrincian36pesertadidikkelasXIIPA1sebagaikelaseksperimen1dan35pesertadidikkelasXIIPA2sebagaikelaseksperimen2.Pengumpulandatamelaluiobservasidanteshasilbelajarkognitif.Teknikanalisisdatayangditerapkanadalahanalisisdeskriptifvikualitatifdankuantitatif.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantaraTPSdanSTAD.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)rata-ratapersentaseketerlaksanaanmodelpembelajaranTPS(909%)lebihtinggidaripadaketerlaksanaanmodelpembelajaranSTAD(876%)(2)terdapatperbedaanhasilbelajarpesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranTPSdanSTADpadamaterihidrolisisgaramyangditunjukkanolehhasilujihipotesisdengannilaisig(00120050).Rata-ratanilaipesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanTPS(8534)lebihtinggidaripesertadidikyangdibelajarkanmenggunakanSTAD(8040).