Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik sebagai sarana belajar peserta didik SMA/MA kelas XI IPA / Nanda Rizky Aulia
Main Author: | Aulia, Nanda Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/75945/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAuliaNandaRizky.2019.PengembanganAplikasiVirtualLabsPhysicsPadaKonsepFluidaStatisDenganPendekatanSaintifikSebagaiSaranaBelajarPesertaDidikSMA/MAKelasXIIPA.Skripsi.JurusanFisikaProdiPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PurboSuwasonoM.SiKataKunciVirtualLabsPhysicsPendekatanSaintifikSaranaBelajarPerkembanganTIKmenyediakankesempatanuntukpenggunaansimulasikomputerterutamadalampembelajaranfisikayangmengenaifenomenafisisyangbersifatabstrak.Dalamprosespembelajaranfisikamasihterkesansulituntukdipahamidikarenakanpesertadidikmasihmenganggappembelajaranfisikasebagaikumpulanrumus-rumusdanmemilikikonsepyangabstrak.Konsepyangabstrakinimenyebabkansiswamengalamikesulitandalammempelajarifisikakhususnyaketikamerekamenggunakankonsepfisikadalamkehidupansehari-hari(Surapranata2004).Olehkarenaituseharusnyadalamprosespembelajaranfisikaperludisiapkansuatumediaataualatbantuyangdapatmembuatfisikamenjadilebihmudahdanmenyenangkanuntukdipelajari.PengembanganaplikasiyangdilakukandalampenelitianinimenggunakanmodelpenelitianpengembanganyangdikembangkanolehSivasailamThiagarajanDhorothyS.SemmeldanMelvynI.Semmel(1974)yangdisebutdenganmodelpengembangan4-D.Modelpengembangan4-Dterdiridari4tahapyaituDefineDesignDevelopdanDisseminate.Penelitianinidengantujuanuntukmengetahuitingkatkelayakanmediapembelajarantersebutpadamaterifluidastatis.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahangketvalidasimateriangketvalidasimediadanangketresponden.AplikasiVirtualLabsPhysicsinidiujicobakanterbataspadapesertadidikkelasXIIPAdiMAN1Jembranadenganjumlah20pesertadidik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaplikasiyangdikembangkanmemilikikriterialayakdigunakansebagaisaranbelajarbagipesertadidik.Melaluiprosesvalidasiahlidiperolehhasilrata-ratapersentasekelayakanumumuntukaspekmediaadalahsebesar9712%(layak)danpadaaspekmaterisebesar9521%(layak).Berdasarkanangketrespondenpesertadidikdiperolehhasilrata-ratapersentasesebesar9162%(layak)sehinggadapatdiketahuibahwaaplikasivirtuallabsphysicsdapatditerimaolehpesertadidik.Berdasarkanangketobserverdapatdiketahuibahwamediaaplikasivirtuallabsphysicsdapatdijadikansebagaisaranabelajardenganmelihatresponpesertadidikantusiaspesrtadidikyangtinggidanjugakeaktifanpesertadidikdalammenggunakanmediaaplikasivirtuallabsphysicscukupbaik.