Analisis muatan HOTS berdasarkan kategori dan penyusunannya pada asesmen sumatif ujian akhir semester genap fisika SMA tahun pelajaran 2018/2019 di Kabupaten Pasuruan / Gyta Sartika Eprilia Sari

Main Author: Sari, Gyta Sartika Eprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/75911/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSariGytaSartikaEpriliaSari.2019.AnalisisMuatanHOTSBerdasarkanKategoriDanPenyusunannyaPadaAsesmenSumatifUjianAkhirSemesterGenapFisikaSmaTahunPelajaran2018/2019DiKabupatenPasuruan.Skripsi.JurusanFisikaProdiPendidikanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PurboSuwasonoDrs.M.SiPembimbing(II)EdiSuprianaDr.M.SiH.KataKunciAnalisisSoalPenilaianAkhirTahun(PAT)higherorderthinkingskill(HOTS)Gurumenjadisalahsatupemegangperanpentingdalamupayapeningkatankualitaspendidikan.Salahsatukemampuanyangharusdimilikiguruyaitumerencanakanpenilaianyangmerupakanbagiandaripelaksanaanpembelajaran.HalinisesuaidengansyaratguruyangdikatakanprofesionalberdasarkanUUNo.14Tahun2005pasal20ayat1bahwadalammelaksanakantugaskeprofesionalannyaguruberkewajibanmerencanakanpembelajaranmelaksanakanprosespembelajaranyangbermutusertamenilaidanmengevaluasihasilpembelajaran.SedangkanperangurumenurutDjamarah(201048)adalahsebagaievaluatoryangbaikdanjujurdenganmemberikanpenilaianyangtidakhanyamenilaiproduk(hasilpengajaran).PemilihanUASsebagaiobyekpenelitiandilatarbelakangiolehbeberapakelebihanUASyangtidakdimilikiolehevaluasilain.KelebihanUASdibandingkandenganteslainnyaantaralain(1)PelaksanaanPATjugabermanfaatsebagaialatuntukmendiagnosakelemahanpenguasaankompetensipesertadidik.(2)PenyusunanUASolehpendidikmasing-masingmatapelajaranmemungkinkanpendidikuntukmenyusunsoalsesuaidenganinputpesertadidik.(3)Pelaksanaannyayangdilakukantiapsemestermerupakanwaktuyangidealuntukmengukurhasilbelajarpesertadidik.JikadibandingkandenganteslainsepertiulanganharianwaktupelaksanaanUASlebihidealkarenadapatmencakupbeberapakompetensidenganproporsiyangtidakterlalusedikitdantidakterlalubanyak.SelainitupelaksanaanUASsetiapsatusemestermemungkinkanpendidikuntukmelakukanperbaikanterhadapkelemahanpenguasaankompetensipesertadidikpadasemesterberikutnya(HiguitaSdkk2012).AnalisissoalPATFisikaSMAtahunpelajaran2018/2019menunjukkanbahwabelumbanyaksoalHOTSyangdiaplikasikanpendidikSMAKabupatenPasuruanpadasoalPATdalambentuksoalpilihangandamaupundalambentuksoaluraian.KarenasoalPATFisikaSMAyangdapatmengukurkemapuanHOTSpesertadidikadalahsoalyangmengandunglebihsedikitsoalHOTSdidalamnya.ProsedurpenyusunansoalHOTSmenurutpendidikFisikaSMAKabupatenPasuruanadalahdimulaidarimengkajiKompetensiDasardanmengkajiindikatorpencapaianselanjutnyamenentukankisi-kisisoaldanterakhirmembuatkartusoaluntuksemuajenissoal.