Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor siswa kelas XI SMA laboratorium UM Malang / Handy Faishal Rahim
Main Author: | Rahim, Handy Faishal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/75899/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRahimHandyFaishal.2019.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanAnimasiTerhadapPenguasaanKonsepSuhudanKalorSiswaKelasXISMALaboratoriumUMMalang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciInkuiriTerbimbingAnimasiPenguasaanKonsepFisika.Pembelajaranfisikabertujuanuntukpenguasaankonsep.Berdasarkanpenelitianterdahulurataratamiskonsepsisiswapadatiapsubbabsuhudankaloryaitusebesar9467%.AdapuntujuanpenelitianyangdilakukanuntukmengetahuipengaruhmodelinkuiriterbimbingberbantuananimasiterhadappenguasaankonsepsuhudankalorsiswakelasXISMALaboratoriumUMMalang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentdengandesainpenelitianPretestPosttestControlGroupDesign.PopulasiadalahsiswakelasXIMIPASMALaboratoriumUMsemesterganjiltahunpelajaran2019/2020.SampelpenelitianadalahkelasXIMIPA2sebagaikelaseksperimendankelasXIMIPA1sebagaikelaskontrolyangditetapkandenganteknikClusterRandomSampling.Penguasaankonsepsiswadiukurdenganinstrumentesberupatespenguasaankonsepberbentukuraian.TestersebutdisusunberdasarkantaksonomibloomyaituC1sampaidenganC5.Datapretestdanposttestpenguasaankonsepyangdiperolehdilakukanujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Selanjutnyadilakukanujihipotesispenelitianyangmenggunakanujitsatupihakdengantarafsignifikansi005.Dataposttestpenguasaankonsepsiswadiketahuiberdistribusinormaldanhomogen.Hasilujihipotesisdiperolehthitung(6683)ttabel(1669)padatarafsignifikansi005dengandemikianhipotesispenelitianditerima.Ditinjaudarireratanilaiposttestuntukkelaseksperimen(9334)lebihtinggidaripadareratakelaskontrol(8597).Olehkarenaitupenguasaankonsepsiswayangbelajardenganinkuiriterbimbingberbantuanlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmodelpembelajarankonvensional.