Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor siswa kelas XI SMA laboratorium UM Malang / Handy Faishal Rahim

Main Author: Rahim, Handy Faishal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/75899/
Daftar Isi:
  • RINGKASANRahimHandyFaishal.2019.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanAnimasiTerhadapPenguasaanKonsepSuhudanKalorSiswaKelasXISMALaboratoriumUMMalang.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusSuyudiM.Pd.(II)Drs.DwiHaryotoM.Pd.KataKunciInkuiriTerbimbingAnimasiPenguasaanKonsepFisika.Pembelajaranfisikabertujuanuntukpenguasaankonsep.Berdasarkanpenelitianterdahulurataratamiskonsepsisiswapadatiapsubbabsuhudankaloryaitusebesar9467%.AdapuntujuanpenelitianyangdilakukanuntukmengetahuipengaruhmodelinkuiriterbimbingberbantuananimasiterhadappenguasaankonsepsuhudankalorsiswakelasXISMALaboratoriumUMMalang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentdengandesainpenelitianPretestPosttestControlGroupDesign.PopulasiadalahsiswakelasXIMIPASMALaboratoriumUMsemesterganjiltahunpelajaran2019/2020.SampelpenelitianadalahkelasXIMIPA2sebagaikelaseksperimendankelasXIMIPA1sebagaikelaskontrolyangditetapkandenganteknikClusterRandomSampling.Penguasaankonsepsiswadiukurdenganinstrumentesberupatespenguasaankonsepberbentukuraian.TestersebutdisusunberdasarkantaksonomibloomyaituC1sampaidenganC5.Datapretestdanposttestpenguasaankonsepyangdiperolehdilakukanujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas.Selanjutnyadilakukanujihipotesispenelitianyangmenggunakanujitsatupihakdengantarafsignifikansi005.Dataposttestpenguasaankonsepsiswadiketahuiberdistribusinormaldanhomogen.Hasilujihipotesisdiperolehthitung(6683)ttabel(1669)padatarafsignifikansi005dengandemikianhipotesispenelitianditerima.Ditinjaudarireratanilaiposttestuntukkelaseksperimen(9334)lebihtinggidaripadareratakelaskontrol(8597).Olehkarenaitupenguasaankonsepsiswayangbelajardenganinkuiriterbimbingberbantuanlebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganmodelpembelajarankonvensional.