Pengembangan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA / Vina Khuswatun Azizah
Main Author: | Azizah, Vina Khuswatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/75886/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAzizahVinaKhuswatun.2019.PengembanganMobileUnitKegiatanBelajarMandiri(M-UKBM)GerakMelingkarBeraturan(GMB)BerbasisProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanKemampuanPemecahanMasalahSiswaSMA.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EndangPurwaningsihM.Si.(II)Dr.H.EdiSuprianaM.Si.KataKunciM-UKBMGMBPBLKemampuanPemecahanMasalahSistemKreditSemester(SKS)yaitusuatubentukpenyelenggaraanpendidikanyangmemfasilitasisiswauntukbelajarsesuaidengankemampuanminatbakatdankecepatanbelajarnya.SistemSKSmenuntutseoranggurumampumenyusundanmenyediakanUnitKegiatanBelajarMandiri(UKBM)untukmemfasilitasisiswabelajardengankemampuanyangberbeda-beda.TetapiUKBMyangdikembangkanolehguruselamainibelummencerminkanparadigmapembelajaranabad21belumsesuaidenganyangdiharapkankurikulum2013.SehinggasolusiuntukpermasalahaniniadalahdengandikembangkannnyaUKBMyanglebihsesuaidengankurikulum2013.PenelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkanmengetahuikelayakanmengetahuikepraktisandanmengetahuikeefektifanM-UKBMGerakMelingkarBeraturanberbasisPBLterintegrasiresitasiterhadapkemampuanpemecahanmasalah.RancanganpenelitianinimenggunakanmodelADDIEyangterdiridarilimalangkahanalysis(analisis)design(mendesain)development(mengembangkan)implementation(melaksanakan)evaluation(menilai).HasilpenelitiandanpengembanganiniberupaMobileUnitKegiatanBelajarMandiri(M-UKBM)GerakMelingkarBeraturan(GMB)berbasisProblemBasedLearning(PBL)untukmeningatkankemampuanpemecahanmasalahsiswa.HasilpenilaiankelayakanM-UKBMmemperolehnilairata-rata376yangtermasukdalamkategorisangatlayak.SedangkankepraktisanM-UKBMdiperolehnilairata-rataketerlaksanaanpembelajaran9688%ketegorisangatpraktis.SelainituM-UKBMdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswadengannilairata-ratapeningkatangain-scoresiswasebesar046yangtergolongpeningkatansedangsehinggadapatdikatakanefektif.KeefektifanM-UKBMjugadiperkuatdengannilaieffectsizesebesar314yangberartiketerpengaruhanM-UKBMterhadappeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswasangatkuat.BerdasarkanhasildanpembahasandalampenelitianinimakadariituterdapatbeberapasaranuntukpemanfaatanprodukdanuntukpenelitianselanjutnyadiantaranyamengembangkanUKBMpadakompetensidasarlaingunamelengkapikebutuhanpembelajaranmenggunakanUKBMpadasekolahyangmemakaisistemkreditsemesterdanmengujicobaprodukpadakelaseksperimendankontrolgunamengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswapenggunaUKBMdannonpenggunnaUKBM.