Pengaruh pembelajaran model learning cycle 5E fase terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang pokok bahasan suhu dan kalor / Murprabowo Maulana Hadiyono
Main Author: | Hadiyono, Murprabowo Maulana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/75879/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANHadiyonoMurprabowoMaulana.2019.PengaruhModelPembelajaranLearningCycle5FaseterhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXSMANegeri9MalangPokokBahasanSuhudanKalor.SkripsiJurusanFisikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ParnoM.Si(II)Drs.AgusSuyudiM.PdKataKunciLearningCycle5FasekemampuanberpikirkritissuhudankalorPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranLearningCycle5FaseterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXMIPASMANegeri9Malangpadamaterisuhudankalor.Hasilstudipendahuluandenganmemberikanteskemampuanberpikirkritispada59respondensiswahanyamemperolehrata-ratasebesar35.Daristudipendahuluandiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswarendah.Haltersebutdisebabkantigafaktoryaitudarisegigurusiswadanmedia.Gurumelakukanpembelajaranteachercenteryangmembuatsiswatidakberperanaktifdalampembelajaran.Siswakurangantusiasdenganpembelajaranyangdilakukanguru.Siswamenginginkanpembelajaranyangmelibatkanmereka.AlatpraktikumdilaboratoriumdiSMANegeri9Malangsudahlengkaptetapipemanfaatannyakurangmaksimal.DaripermasalahantersebutdipilihmodelpembelajaranLearningCycle5Faseuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.JenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemudengandesainNonequivalentControlGroupDesign.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranLearningCycle5Fasesedangkanvariabelterikatnyaadalahkemampuanberpikirkritissiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXMIPASMANegeri9Malang.Teknikpengambilansampelnyamengguakanclusterrandomsampling.KelasXMIPA8sebagaikelaseksperimendankelasXMIPA7sebagaikelaskontrol.KelaseksperimendiberiperlakuanmodelpembelajaranLearningCycle5FasesedangkankelaskontroldiberiperlakuanpembelajarankonvensionalHasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaranLearningCycle5Faselebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajrankonvensional.OlehkarenaitudapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanpadakemampuanberpikirkritissiswayangbelajardenganmodelpembelajaranLearningCycle5Fasedaripadasiswayangbelajardenganmodelpembelajarankonvensional.i