Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Malang / Nur Sholikah
Main Author: | Sholikah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/74824/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSholikahNur.2019.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)untukMeningkatkanKeaktifanBelajarSiswaKelasVIIISMPNegeri10Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SlametM.Si.KataKunciThinkTalkWrite(TTW)keaktifanbelajarPembelajaranpadaKurikulum2013menekankanprosesketerlibatansiswasecarapenuhdansiswaberperilakusecaraaktifselamaprosespembelajaran.Halinibertujuansupayasiswadapatmenemukanmateriyangdipelajaridanmenghubungkandengansituasikehidupannyatasehinggamendorongsiswauntukmenerapkandalamkehidupansehari-hari.Berdasarkanhasilobservasimasihterdapatsiswayangkurangmemperhatikanpenjelasangurusiswaterlihatkurangbersemangatsaatpembelajaranberlangsung.Terdapatsiswayangtidakberanibertanyapadaguruketikamengalamikesulitan.Beberapasiswahanyadiamsajaatautidaksalingberdiskusiketikamengalamimasalahsewaktumengerjakansoallatihanatauhanyamenunggujawabandaritemanlain.Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswakelasVIIISMPN10Malang.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)denganrancanganpenelitianmengacupadamodelKemmisdanMc.Taggartyangterdiridari4komponenyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Subjekpenelitianiniadalah30siswayangterdirioleh16siswaperempuandan14siswalaki-lakikelasVIIIDSMPN10Malangtahunajaran2018/2019.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalah(1)lembarvalidasi(2)lembarobservasidan(3)lembartes.HasilpenelitiantindakankelaspenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWriteinidapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Haliniterbuktidenganpersentasekeaktifanbelajarsiswapadasiklus1mencapaisebesar55.8%dengankriteriacukupaktifmengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi77.8%dengankriteriaaktif.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanyaitupadasiklus1terdapat50%siswayangtuntasataunilai880575menjadi90%siswayangtuntasataunilai880575padasiklus2.Selainituhasilobservasikegiatangurudankegiatansiswarata-ratapadasiklusIdansiklusIItermasukdalamkategorisangatbaik.Tahap-tahapmodelpembelajaranThinkTalkWriteinidapatmeningkatkankeaktifanbelajarmatematikasiswameliputi(1)tahapThink(2)tahapTalk(3)tahapWrite(4)tahappresentasi(5)tahapverifikasi(6)TahapKesimpulan.Berdasarkantemuanpenelitianinidisarankan(1)GuruataupenelitilaindisarankanuntukmemilihdanmempertimbangkanwaktupenelitiandenganbijaksanasupayapelaksanaanpenelitiantidakterkendalaolehUjianataufaktorlain(2)GurusaatmenerapkanpembelajaranThinkTalkWritehendaknyaselalumemberikanperhatiansecaraintensifpadasiswasehinggadapatmengurangiaktivitasyangtidakberhubungandengankegiatanbelajar(3)GurudapatmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWritesebagaisalahsatualternatifpembelajaranuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarmatematikasiswa