Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan kategori Watson / Sunarti
Main Author: | Sunarti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/74806/ |
Daftar Isi:
- viRINGKASANSunarti.2019.AnalisisKesalahanSiswadalamMenyelesaikanSoalCeritaMateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabelBerdasarkanKategoriWatson.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.Si.KataKuncianalisiskesalahanpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabelkategoriWatsonAnalisiskesalahanadalahpemeriksaanterhadappengerjaansiswauntukmendeskripsikankesalahanyangdilakukansiswasaatmengerjakansoal.Analisiskesalahanmerupakanmetodeyangefektifuntukmengatasikesalahanyangdilakukansiswa.Hasildarianalisistersebutdapatdigunakanuntukmenyusunrencanapembelajaranyangdapatmembantusiswaagarlebihmudahmemahamisuatumateri.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikankesalahanyangdilakukansiswaberdasarkankategoriWatsondalammenyelesaikansoalpersamaandanpertidaksamaanlinearsatuvariabel.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitiannyaadalahdeskriptif.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIGSMPNegeri8Malang.Penelitianinidiawalidenganmemberikantestertulisuntukmenentukan6siswayangakandiwawancaraiuntukmengetahuikesalahansecaralebihdetail.Enamsiswatersebutterdiridariduasiswaberkemampuantinggiduasedangdanduarendah.viiHasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswadengantingkatkemampuantinggimelakukankesalahanpadakategoridatatidaktepatdanprosedurtidaktepat.Siswadengantingkatkemampuansedangmelakukankesalahanpadakategorimanipulasitidaklangsungprosedurtidaktepatkesimpulanhilangdanmasalahhierarkiketerampilan.Sedangkansiswadengantingkatkemampuanrendahmelakukankesalahanpadakategorimasalahhierarkiketerampilandatatidaktepatdankesimpulanhilang.Selainbeberapakategoridiataskategorikesalahandatahilangdankonfliklevelrespondilakukanolehsemuasiswa.Datahilangterjadiketikasiswamenuliskanapayangdiketahui.Sedangkankonfliklevelresponterjadiketikamenuliskanapaditanyakandarisoal.